Harga Eceran Tertinggi Untuk Gas Elpiji Subsidi Sebaiknya di Tetapkan Oleh Pemerintah Pusat

  • Whatsapp

Jakarta, infobanua.co.id – Anggota DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Syaifullah Tamliha mengusulkan ke Pemerintah agar penetapan harga eceran tertinggi (het),untuk gas elpiji 3 kg subsidi sebaiknya di tetapkan oleh pemerintah pusat tidak di serahkan ke daerah.Hal ini untuk menghindari agar HET tidak di jadikan isu politik di daerah.

“Harga eceran tertinggi gas 3 kg di tetapkan oleh Bupati atau Walikota,apakah tidak sebaiknya di atur oleh pemerintah pusat atau di tetapkan misal oleh Menteri Dalam Negeri”,kata Syaifullah Tamliha,di Gedung DPRRI,Jakarta,Rabu (7/4/2021).

Menurut Syaifullah Tamliha Kepala Daerah terutama Kabupaten Kota tidak berani melakukan penyesuaian HET,terlebih saat menjelang Pemilihan Kepala Daerah.Sehingga wajar HET untuk Gas Elpiji 3 Kg yang di subsidi pemerintah pusat tidak mengalami perubahan,bahkan untuk jangka waktu yang sudah cukup lama.

Padahal menurut Syaifullah Tamliha daya beli dan perekonomian masyarakatnya sudah meningkat,dan bahkan banyak yang telah beralih dari menggunakan gas elpiji 3 Kg ke gas Elpiji dengan ukuran 5,5 Kg hingga 12 Kg.

Atas dasar tersebut maka Syaifullah Tamliha meminta pemerintah untuk dapat mengambil alih penetapan HET langsung dari pemerintah pusat tidak di serahkan ke daerah.Ini untuk penyeragaman harga di samping untuk menghindari adanya pemanfataan HET sebagai isu politik di daerah terutama saat menjelang pemilihan kepala daerah. Gas 3 Kg memperoleh subsidi langsung dari pemerintah pusat melalui dana APBN.

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *