Masa Pandemi Sebanyak 82 Siswa Sd.01 Nunukan Selatan Mengikuti Ujian Sekolah Satuan Pendidikan

  • Whatsapp
Muhyidin kepala Sekolah SD.Negeri 01 Nunukan Selatan melakukan Langsung pemantauan dan pengawasan pelaksanaan Ussp

Nunukan, infobanua.co.id – Menurut Muhyidin S.pd M.A.P selaku kepala Sekolah SD Negeri 01 Nunukan Selatan Bahwa Kami dari SD 1 Nunukan selatan pada hari ini Rabu 8 /04sedang melaksanakan ujian sekolah Satuan Pendidikan (Ussp).

Pada hari ini rabu 07 April 2021 karena kita dalam masih dalam Pandami maka ujian dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan petunjuk dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan bahwa untuk ujian sekolah ini kami melaksanakan secara bersih.

Dari jumlah siswa 82 orang yang mengikuti ujian itu kan dibagi ke dalam 9 ruangan, jadi setiap ruangan mampu menampung 10 peserta ujian.

Setiap shift itu Paling banyak 30 siswa dalam Kelas hanya 10 siswa antara sip satu Dengan shift 1 dengan SIM 2 itu dapat jatah waktu sip 1 masuk antara jam 8 sampai dengan 9.30 sedangkan sip 2 itu masuk jam 9 sampai dengan 10.33 masuk 10 sampai dengan 11.30 jadi kali melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan peserta ujian.

Mengenai masalah program kesehatan memakai masker mencuci tangan dengan sabun hand sanitizer dan menjaga jarak itu kami sudah terapkan di dalam pelaksanaan ujian sekolah ini.

Kendala yang dihadapi dalam Ujian Sekolah Satuan Pendidikan (Ussp),
Itu ada beberapa kendala yang pertama dari kesiapan peserta ujian pada tahun-tahun sebelumnya, kalau kita laksanakan tatap muka jadi setiap hari setiap waktu itu memang sudah diingatkan oleh gurunya tetapi pada tahun ini karena kita melaksanakan pembelajaran secara daring sehingga pemantauan terhadap peserta ujian ini ada kendala yang kita hadapi.

Pelaksanaan hari pertama itu kita masih banyak menghubungi peserta ujian yang masih terlambat apakah peserta belum siap , sehingga kami dari panitia bekerja keras di dalam melaksanakan ujian di hari pertama,
Selanjutnya untuk di hari kedua dan ketiga itu sudah berjalan sesuai yg kita harapkan.

Saat ditanya mengenai Standar Kelulusan
menurut Muhyidin bahwa untuk standar kelulusan kita berpedoman pada surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu surat edaran nomor 1 tahun 2021 tentang pernyataan ujian nasional dan ujian kesetaraan di situ dijelaskan bahwa untuk kelulusan pada jenjang SD maupun SMP itu yang pertama adalah memiliki Raport dari kelas 1 hingg kelas 6.

Selanjutnya mengikuti ujian nasional dan beberapa persyaratan yang sudah ditetapkan namun untuk standar kelulusan itu tidak ada patokan dari Kementerian.

Kami dari sekolah juga berpedoman bahwa untuk target kurikulum itu tidak harus tuntas karena di masa pandemi ini kita ketahui bersama, bahwa Semuanya serba sulit termasuk kita di dunia pendidikan akan tetapi kami dari Sekolah Dasar Negeri 01 Nunukan Selatan sudah berusaha supaya kualitas lulusan kita itu bisa tercapai kalaupun tidak bisa sama tapi hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Ketika kita melaksanakan tatap muka itu dengan berusaha untuk memberikan pembelajaran baik secara daring maupun secara luring sehingga kita bisa memastikan bahwa untuk materi – materi pelajaran yang diujikan itu sudah disampaikan kepada anak didik kita .

Walaupun di masa pandemi ini memang kita ketahui bahwa banyak kendala-kendala yang dihadapi di masa pandemi ini termasuk di dalam pembelajaran yang bermodalkan daring karena banyak siswa itu yang terkendala akses jaringan atau internet.

Harapan Kami dan harapan kita semua adalah mudah-mudahan pandemi ini cepat berlalu sehingga kegiatan Kegiatan proses Belajar mengajar itu berjalan dengan normal kembali seperti sebelumnya.

Kami juga mengharapkan peran serta dari pada orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya dapat saling bekerja sama dengan sekolah terutama di masa pandemi, karena peran orang tua dalam membimbing anak di rumah belajar di itu semakin penting.

Harapan kami selaku kepala Sekolah Dasar Negeri 01 Nunukan Selatan,
bahwa untuk kedepannya bagi pemerintah supaya dapat memberikan akses _akses bagi pelayanan pendidikan kita baik di sarana prasarana di sekolah kebutuhan akan sumber Daya Manusianya maupun terhadap akses melanjutkan pendidikan.Ujar Muhyidin S.Pd.M.AP selaku kepala Sekolah SD Negeri 01 Nunukan Selatan.

(Yuspal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *