Lahan Mulai Kritis, Ribuan Bibit Pohon Ditanam di Hutan Kota Balangan

PARINGIN- Pemkab Balangan melaksanakan kegiatan kick off Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) APBN penanaman serentak satu juta pohon se-Kalimantan Selatan.

Hal ini dilakukan sebagai gerakan aksi pemulihan lingkungan untuk di wilayah Hutan Kalimantan, bertempat di Hutan Kota Tugu Maritam, Jumat (9/4/2021).

Kick off penanaman pohon serentak yang digalakkan oleh Pemprov Kalsel ini juga dilangsungkan oleh kabupaten lain yang ada di Kalsel.

Sebelum penanaman dimulai, seluruh Bupati dan Walikota se Kalsel mengikuti video conference yang dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA.

Dalam sambutannya, Safrizal ZA mengajak kepada seluruh lapisan untuk terus melakukan pemulihan-pemulihan hutan. Satu cara di antaranya ialah menanam pohon demi terciptanya suasana lingkungan yang sehat dan hijau.

Pada acara kick off tersebut, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Balangan juga ikut terlibat. Apalagi, acara tersebut merupakan program yang difasilitasi oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel dalam rangka Kick Off RHL APBN dan pencanangan penanaman pohon.

Kick off tersebut ucap Kepala KPH Balangan, Haryadie merupakan penanda dimulainya kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di Kalsel. Terlebih di Balangan, telah ada kawasan RHL pada beberapa desa.

Sebanyak 1.000 bibit pohon ditanam di Hutan Kota Balangan. Bupati Balangan, Abdul Hadi, secara simbolis memulai penanaman telah tersebut.

Pada kesempatan itu, Abdul Hadi, menyampaikan bahwa pemerintah daerah pun ikut turut serta berpartisipasi dalam melakukan gerakan penanaman pohon. Tujuannya yakni untuk melestarikan dan mengerti arti pentingnya menanam pohon.

Tak habis disitu, ia juga mengingatkan kondisi lahan di Balangan. Sebutnya melalui penanaman pohon, lahan yang mulai kritis dan penghijauan terganggu karena kerusakan lingkungan agar bisa dipulihkan.

Tentunya, Abdul Hadi juga meminta agar semua pihak dapat bersinergi dalam pemulihan dan penghijauan wilayah hutan Kalimantan. Khususnya Kabupaten Balangan.

Sumber: https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/09/lahan-mulai-kritis-ribuan-bibit-pohon-ditanam-di-hutan-kota-balangan