Pemkab Kapuas Akan Lakukan Pemanfaatan Kayu Dari Hutan Kota

  • Whatsapp

Kuala Kapuas, infobanua.co.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas, Kusmiatie ST, M.Si. membenarkan Pemerintah Kabupaten Kapuas akan melakukan pemanfaatan kayu dari hutan kota yang penebangan pepohonannya masih terus berlangsung hingga saat ini (8/4).

“Seperti apa dan bagaimana teknis pemanfaatannya bukanlah kewenangan dinas Lingkungan Hidup, akan tetapi itu domainnya badan pengelola asset daerah. Dinas Lingkungan Hidup hanyalah melakukan penebangan dan hasil tebangan tersebut akan kita angkut ke TPA desa Palinget. ” Tegas Kusmiatie ketika ditemui infobanua.co.id saat yang bersangkutan melakukan peninjauan langsung proses penebangan pepohonan hutan kota tersebut”

Sejauh ini teknis pemanfaatan kayu dari hutan / taman kota tersebut belum ada kejelasan apakah melalui lelang atau tidak karena ketika hendak di konfirmasi pagi dan sore tadi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah, termasuk yang membidangi Asset Daerah tidak berada di kantornya karena sedang mengikuti rapat.

Sementara itu,  Kadis Lingkungan Hidup melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan, Margus Sukah, ST, MT. mengatakan,”terkait rencana peremajaan hutan kota, tentu harus dilakukan penebangan habis atas pohon sengon-nya tetapi terlebih dahulu harus dipahami.tindakan penebangan ini karena sengon itu sendiri adalah tanaman kategori budidaya sehingga batasan waktu pemeliharaannya sangat singkat sehingga dalam peremajaan nanti.diharapkan dengan penanaman jenis jenis pohon yang.minimal memberi  tiga fungsi.yaitu  edukasi, peneduh dan estetika atau keindahan sehingga nantinya sebutan taman kota terasa lebih tepat”. Disamping itu, harus berdasarkan kajian dan harapannya dalam.peremajaan nanti Pemkab Kapuas menggunakan jasa konsultan yang.berkemampuan serta berpengalaman dalam bidang pembangunan taman. (Nasution)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *