Unkrip Siap Menempatkan Mahasiswanya untuk KKN di Kabupaten Barsel

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id – Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip) rencananya pada pertengahan Tahun 2021 ini akan menempatkan beberapa mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal ini disampaikan oleh Rektor Unkrip Dr. Benius, MM saat berkunjung ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Barsel, pada Jum’at (9/4/2021).

Kedatangan pihak Unkrip ini dsambut langsung oleh Kepala Disnaketrans Barsel Agus In’Yulius berserta stafnya di ruang rapat Disnaketrans.

Unkrip mempunyai program kerja terkait Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja di Kabupaten Barsel. Maksud tujuan utama program ini adalah untuk pelatihan dan pengembangan diantaranya, membawa suasana perubahan yang diinginkan organisasi : pendekatan atau cara baru dalam memanajemeni orang, peningkatan keterampilan mengoperasikan mesin dan peralatan kerja lain, peningkatan kemanpuan manajerial.

“Jadi kami ingin memberikan peran kepada Pemda setempat, sehingga nanti kesempatan untuk mereka berusaha mandiri tidak tergantung dengan organisasi yang pernah memperkerjakannya, itu yang sebenarnya yang ingin kami tawarkan ke Disnaketran Barsel,” ucap Benius kepada wartawan setelah melakukan pertemuan dengan Disnaketrans.

Lanjutnya, program pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan kami terapkan ini, untuk mengubah kelompok kerja dan individu dalam menjaga dan memperbaiki tingkat efesiensi kerjanya. Tujuan pengembangannya adalah, mengantisipasi perubahan lingkungan, meningkatkan produktivitas, mempersiapkan dan menyesuaikan kemampuan karyawan, meningkatkan komitmen karyawan terhadap organisasi dan mendorong menciptakan ide-ide baru.

“Kalau mereka yang sudah kerja itu nanti akan kita bina agar mereka bisa betul-betul menjadi orang yang lebih profisional lagi,” katanya

Benius menambahkan, manfaat dari pelatihan ini nantinya akan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai karekteristik berkualitas seperti, mempunyai kompentensi dalam bidangnya, mempunyai komitmen tinggi terhadap bidang pekerjaan yang ditekuninya, berkemampuan melihat, mengantisipasi menangani peluang-peluang secara profesional, menjaga kehormatan lembaga atau organisasi, dan memilimi pola pikir yang sistematik serta mampu berinteraksi orang lain dan lingkungannya.

“Jadi tidak hanya meningkatkan skil mereka yang biasa-biasa saja, kita akan lebih meningkatkan skil mereka lebih bagus lagi,” ujar Benius

Masih dikatakan Benius, jadi istilah kami ada standart bias dan standart aktual, itu yang mau kita kembangkan di Kabupaten yang berjuk Dahani Dahani Tuntung Tulus ini.

“Mudah-mudahan kedepannya kami bisa menempatkan mahasiswa kami untuk bisa KKN ditempatkan disini, jadi nanti untuk tenaga kami Pemda tidak perlu membayarnya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Kepala Disneketrans Barsel Agus In’Yulius mengungkapkan, kami sangat mengapresiasi dan mendukung sekali program kerja Unkrip tersebut untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Barsel ini. “Sebelumnya kami akan berkoordinasi dengan Kepala Daerah terkait permasalahan ini, dan mudah-mudahan program tersebut segera terealisasi,” tutup Agus.

Fan/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *