Ketua Gerakan Pemuda Dayak Barito Utara sambangi Rumah Kediaman Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Teweh Tengah

  • Whatsapp

 Muara Teweh, infobanua.co.id – Dalam rangka persiapan pencalonan dirinya menjadi Ketua DAD Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah, 10/04/2021.

Kedatangan Ketua Gerdayak Barito Utara juga disambut Baik Ketua DAD Teweh Tengah.

Dalam agenda silahturahmi tersebut mendiskusikan banyak hal, diantaranya mendiskusikan tentang Nasib Masyarakat Adat Barito Utara kedepan.

” Tugas Seorang Ketua DAD Barut dibumi Iya Mulik Bengkang Turan cukup berat dan memiliki tantangan yang cukup besar kedepan, karena Hukum Adat dan Hukum Positif memiliki kekuatan yang sama dimata Negara Republik Indonesia, Selain sebagai garda depan dalam memperjuangkan Hak – hak Masyarakat Adat Kabupaten Barito Utara, Ketua DAD juga memiliki tugas penting dan peranan penting mencari solusi-solusi agar tidak ada lagi Kriminalisasi terhadap masyarakat Adat terkait Konflik Sumber Daya Alam di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Ini, terlebih-lebih telah diundangkannya UU Omnibuslaw” ucap Saprudin.

“seperti kita ketahui juga saat ini, belum ada regulasi Hukum Daerah Kabupaten Barito Utara yang belum adanya Regulasi Hukum Daerah yang mengatur tentang Perlindungan dan Pengakuan Masyarakat Adat Barito Utara, seperti di Daerah lain. Maka dalam waktu Dekat saya akan berkoordinasi dengan Panitia MHA Barito Utara,” papar Ketua Gerdayak.

Ketua DAD Teweh Tengah, Subertin juga berharap agar kedepannya tidak ada lagi kriminalisasi terhadap Masyarakat Adat yang memuat Ladang, seperti beberapa tahun lalu.

” Meskipun Kalimantan Tengah memiliki Perda Tentang Pembukan Lahan ( PKL), tapi perlu kita ingat bahwa kita belum ada regulasi hukum daerah Tentang Pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Adat Bumi Iya Mulik Bengkang Turan ini, yang ada hanya Perda No.1 seri D tahun 2002 yang mengatur tentang kelembagaan nya saja,” ungkap Subertin.

“Kita berharap agar regulasi hukum tersebut cepat di proses, mengingat Panita MHA Barito Utara sudah lama terbentuk di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Ini. Dan dalam hal ini semoga Ketua terpilih nantinya bisa Mengemban Amanah Masyarakat Adat Berito Utara, Agar masyarakat Adat Barito Utara bisa sejahtera,” Tutup Ketua DAD Barito Utara. (peli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *