Bupati Tapin Arifin Arpan Demi Warganya Resmikan Layanan Hemodialis (Cuci Darah)

  • Whatsapp

RANTAU, infobanua.co.id – Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Datu Sanggul Rantau, pihak rumah sakit meresmikan ruang hemodialis (cuci darah) pada Senin (12/4/2021).

Peresmian ruang hemodialis ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan,MM dan Direktur RSUD.Datu Sanggul Rantau, Dr.Milhan, beserta Kepala Dinas Kesehatan Tapin H.Alfian Yusuf dan pimpinan BPJS. Dilanjutkan melihat ruangan instalasi dan alat cuci darah dan lima tempat tidur.

Ruang Hemodialis ini diperuntukkan bagi pasien yang mengalami penyakit gagal ginjal, dimana selama ini ternyata layanan Hemodialis ini sangat dibutuhkan banyak warga masyarakat Tapin, terutama mereka pasien yang gagal ginjal.

Dalam sambutannya Dr.H.Milhan,SPoG menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah terutama kepada Bupati atas partisipasinya yang luar biasa besar sekali.
“Selama ini pasien yang mengalami gangguan ginjal kita rujuk ke rumah sakit lain di luar daerah. Padahal kondisinya sudah sangat lemah diperjalanan ditambah masalah perekonomian mereka. Dengan adanya layanan ruangan Hemodialis (cuci darah) di rumah sakit ini tentunya mereka akan jauh lebih terbantu dan lebih hemat,”katanya.

“Dalam sehari pasien yang gagal ginjal memerlukan layanan ini terdata ada 8 orang,”katanya.

Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan,MM mengatakan dirinya merasa bangga dengan adanya pelayanan Hemodialis (Cuci Darah) di rumah sakit kita, sehingga terjawab kebutuhan masyarakat Tapin yang selama ini banyak mengajukan keluhan kepada kami selaku pimpinan daerah.

“Bahkan ada pikiran dari kami untuk menambah satu lagi di rumah sakit Datu Sanggul Rantau yang baru nanti. Karena selama ini, untuk mendapatkan pelayanan dan penanganan cuci darah selalu dirujuk ke daerah lain Kandangan dan Banjarmasin,”katanya.

Selain itu, Bupati Tapin menyatakan gratis bagi mereka yang gagal ginjal pengguna BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan Hemodialis (Cuci Darah) di RSUD.Datu Sanggul ini. Dan terbukti ini sangat mebantu sekali bagi masyarakatnya yang kurang mampu mengingat sebagaimana kita ketahui cuci darah bagi penderita gagal ginjal ini perlu biaya yang sangat mahal.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *