Mewakili Kec. Kurun, Desa Hurung Bunut Ikuti Lomba Desa Tingkat Kab. Gumas

  • Whatsapp

Gunung Mas, infobanua.co.id – Tim penilai lomba desa yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP–PKK), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Distranakerkop dan UKM), Dinas Kesehatan, serta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, mulai melakukan penilaian klarifikasi lapangan lomba desa tingkat Kabupaten Gumas tahun 2021.

Pelaksanaan tahapan penilaian klarifikasi lapangan lomba Desa tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 di desa hurung Bunut, Kecamatan Kurun, Senin 12 April 2021.

Yulianus, SH Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) mengatakan lomba desa adalah penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat desa serta mengetahui capaian hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam kurun waktu 1 tahun penilaian lomba Desa ini dilakukan mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional Adapun maksud dari kegiatan lomba Desa ini untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi kepada pemerintah Desa beserta masyarakatnya untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

“Lomba desa untuk mendorong usaha Pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa atas dasar tekad serta dengan kekuatannya sendiri, untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa serta mewujudkan peningkatan kualitas hidup di bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya, serta mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat, menetapkan masyarakat desa yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa itu sendiri,” jelas Yulianus.

Dalam lomba Desa ini tetap memperhatikan Protokol Kesehatan dalam melakukan verifikasi administrasi untuk mengevaluasi capaian pembangunan, serta tata kelola pemerintahan, dan melakukan verifikasi lapangan guna mencocokkan antara administrasi dan kondisi rillnya. Tim penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 melaksanakan penilaian terhadap pemenang lomba desa yang meliputi penilaian administrasi, faktual lapangan, dan paparan keberhasilan pembangunan di desa tersebut, memberikan bimbingan dan arahan kepada desa yang dinilai sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing melakukan tahapan-tahapan pelaksanaan penilaian sampai penetapan pemenang serta melaporkan hasil pelaksanaan penilaian lomba Desa tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 Kepada Bupati Kabupaten Gunung Mas.

” tim penilai lomba Desa melaksanakan tugas penilaian lomba Desa sesuai bidangnya masing-masing dan ditekankan pada penanggulangan covid-19 baik kelembagaan penanganan penganggaran partisipasi dan peran desa, imbuhnya.

Camat kurun Yuelis Untung berharap agar dalam lomba Desa ini yang diwakili oleh desa hurung Bunut dapat meraih juara dan menjadi contoh bagi desa-desa yang lain yang ada di kecamatan Kurun. Saya sangat mengapresiasi kepada DPMD selaku penyelenggara lomba Desa Tahun 2021 ini.

“Kecamatan Kurun sangat mengapresiasi lomba Desa tahun 2021 dan berharap Desa Hurung Bunut Meraih Juara,” pungkas Camat ( Didik S )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *