Tujuh Bulan Kosong, Akhirnya Kursi Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Terisi

  • Whatsapp
Ely Hidayah Fitnawati saat mengucapkan sumpah dan janji.

Blitar, Infobanua.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar, Paripurnakan Pengucapan Sumpah dan Janji Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD Kota Blitar periode 2019-2024, di Gedung DPRD, jalan Ahmad Yani, Kota Blitar, Senin 12-04-2021.

Posisi Wakil Ketua DPRD Kota Blitar yang sebelumnya dijabat Yasin Hermanto digantikan oleh Ely Hidayah Fitnawati.

Karena Yasin Hermanto dari Fraksi PKB mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Kota Blitar, ketika mencalonkan diri menjadi calon Wakil Walikota di Pilwali Blitar 2020 yang lalu.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Blitar, dr.Syahrul Alim, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19, dengan ketat.

Demikian juga untuk para tamu undangan juga wajib memakai masker, menjaga jarak, dan menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke ruang rapat paripurna.

Rapat paripurna diikuti anggota DPRD Kota Blitar serta dihadiri Wali Kota Blitar, Santoso, pejabat Forpimda Kota Blitar, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Blitar.

“Rapat paripurna ini bersifat pengumuman, tidak mengambil keputusan, maka rapat paripurna tidak harus kuorum,” kata Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim saat membuka rapat.

Setelah rapat paripurna dibuka, Sekretaris DPRD Kota Blitar, Eka Atikah, membacakan surat keputusan Gubernur Jawa Timur (Jtim) terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) Wakil Ketua DPRD Kota Blitar periode 2019-2024.

Acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah dan janji oleh Ely Hidayah Fitnawati sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, menggantikan Yasin Hermanto yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Blitar.

Setelah pengucapan sumpah dan janji, Ely Hidayah Fitnawati, kemudian menandatangani berita acara pelantikan sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Blitar periode 2019-2024.

“Dengan terlaksananya pelantikan pergantian antar waktu ini berarti unsur pimpinan di DPRD Kota Blitar sudah lengkap tiga orang,” jlentrehnya.

Lebih dalam dr.Syahrul menjelaskan bahwa, tiga unsur pimpinan DPRD Kota Blitar, yakni, satu ketua dan dua merupakan wakil ketua.

Untuk Wakil Ketua I sekarang dijabat oleh Ely Hidayah Fitnawati dari Fraksi PKB menggantikan posisi Yasin Hermanto. Sedang Wakil Ketua II dijabat Agus Zunaidi dari Fraksi PPP.

“Sekian lama kami hanya berdua, dan baru sekarang ada penggantinya. Karena proses penggantian memang lama dan PKB mengusulkan nama pengganti posisi Wakil ketua setelah Pilkada 2020,” ungkap Syahrul.

Selanjutnya Syahrul berharap agar dengan lengkapnya unsur pimpinan akan semakin memaksimalkan kinerja DPRD Kota Blitar.

Sebab fungsi pimpinan sangat penting sebagai koordinasi di masing-masing komisi di DPRD Kota Blitar.

Posisi ketua menjadi koordinator komisi III, wakil ketua I menjadi koordinator komisi I, dan wakil ketua II menjadi koordinator komisi II.

“Ketika unsur pimpinan hanya berdua, kami juga repot membagi waktu. Apalagi kalau ada undangan kegiatan di luar. Kadang kami meminta anggota untuk mewakili menghadiri undangan kegiatan di luar,” paparnya.

Syahrul juga mengakui jika proses pergantian antar waktu posisi wakil ketua sedikit molor.

Proses pergantian antar waktu posisi wakil ketua molor karena berbarengan dengan pelantikan Wali Kota Blitar terpilih di Pilwali Blitar 2020.

“Saya pikir memang sedikit molor karena bersamaan dengan pelantikan Wali Kota. Setelah pelantikan Wali Kota baru bisa dilakukan pergantian posisi wakil ketua dewan,” jelasnya.

Selanjutnya Syahrul menerabgkan bahwa, Setelah ini, unsur pimpinan akan membahas proses pergantian antar waktu Yasin Hermanto sebagai anggota DPRD Kota Blitar.

“Setelah pengisian wakil ketua, kami juga akan membahas proses PAW Pak Yasin sebagai anggota dewan. PKB sudah mengusulkan nama pengganti Pak Yasin sebagai anggota DPRD Kota Blitar,” pubgkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *