Baznas Kalsel Optimis Memaksimalkan Pelaksanaan Pembayaran Zakat Dan Penyaluran Yang Tepat Sasaran Kepada Para Mustahik

  • Whatsapp

BANJARBARU, infobanua.co.id – Pemasukan zakat di bulan Ramadhan, diperkirankan akan meningkat sebanyak tiga kali lipat.

Hal ini diutarakan, Saddam Nur Hidayat selaku wakil ketua pelaksana Baznas (Badan Amin Zakat Nasional) Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (12/4).

“Penerimaan ZIS di Bulan Ramadhan itu pasti selalu meningkat di tiap bulannya, kalau di bulan biasa itu nominalnya mencapai 400 – 500 juta namun untuk bulan Ramadhan itu bisa terjadi peningkatan 3 – 4 kali dari nominal tersebut,”ucapnya.

Tidak hanya itu, di bulan Ramadhan tahun ini, Baznas Kalsel mempunyai target untuk meningkatkan zakat sebanyak 40% dari tahun sebelummya.

“Kita juga berusaha meningkatkan pengumpulan 40% dari target yang dicapai di 2020,”ungkap Saddam.

Di Ramadhan 1442h ini, Baznas memiliki dua kegiatan besar yakni memaksimalkan pelayanan pembayaran zakat untuk masyarakat dan memaksimalkan penyaluran zakat kepada mustahik.

Hal ini diutarakan Saddam Nur Hidayat selaku Wakil Ketua Pelaksana Baznas Kalsel sekaligus Ketua Program Kerja 2021.

“Yang menjadi bagian penting Baznas itu sendiri adalah bagaimana kami dapat memaksimalkan pelaksanaan pembayaran zakat dan penyaluran zakat yang tepat sasaran kepada para mustahik,”ucapnya.

Ditanya mengenai mekanisme pembayaran zakat, Baznas Kalsel menyediakan dua opsi pembayaran yakni secara online maupun offline.

“Untuk pembayaran sendiri kita menyediakan dua opsi yakni ada yang online yang mana bisa dibayarkan melalui website yang kami sediakan maupun e – commerce lalu untuk pembayaran zakat secara offline nantinya dapat langsung ke stand Baznas yang kita sediakan baik itu di mall maupun area publik lainnya,”jelas Saddam.

Penyaluran zakat sendiri untuk tahun ini difokuskan kepada penanganan covid – 19 atau warga miskin yang terkena dampak covid – 19 dan warga yang terdampak bencana banjir di daerah Hulu Sungai Tengah (HST) sebagai bentuk pemulihan pasca bencana.

Selain penyaluran zakat, di bulan penuh berkah ini Baznas Kalsel juga membuka pasar Ramadhan digital yang memuat puluhan umkm didalamnya.

“Kita juga membuka pasar Ramadhan secara digital baik itu di instagram maupun website, lalu kita bekerjasama dengan pihak gojek maupun grab untuk layanan antar jemput barang belanjaan pembeli,”tutur Saddam.

Menurutnya dengan adanya pasar digital ini mampu membuat roda perputarakan perekonomian menjadi bagus.

Selain itu, Baznaz Kalsel nantinya juga melakukan sosialisasi pencegahan covid – 19 dengan cara menjadi penyedia bahan logisitik sekaligus menyediakan makanan sahur dan berbuka selama bulan suci ramadhan, tidak lupa pembersihan mesjid dan mushola dan pemberian muslim kit bagi warga yang kehilangan alat Shalat disaat bencana banjir melanda seperti yang ada di Hulu Sungai Tengah. Pungkasnya

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *