Kadinkes Kota Banjarmasin Optimis Teruskan Vaksinasi Selama Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Vaksinasi masyarakat Kota Banjarmasin akan terus dilakukan walaupun di bulan suci Ramadhan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi, disela-sela dirinya memantau kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Pasar Baru Permai dan Pasar Lama, Selasa (13/4).

“Kami tetap menyelenggarakan vaksinasi selama bulan puasa di siang hari,” ucapnya Machli.

Pasalnya vaksin yang disuntikan di tubuh manusia tidaklah membatalkan puasa. Sebagaimana fatwa yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), bahwa vaksinasi di bulan Ramadhan dibolehkan dan tidak membatalkan puasa.

“Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Majelis Ulama Indonesia (MUI) bervaksin itu tidak membatalkan puasa dan aman,” ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga menegaskan pemberian vaksinasi masih mengunakan vaksin pertama dalam program vaksinasi.

“Vaksin yang digunakan masih Sinovac halal ya,” tegasnya.

Walaupun banyak dikeluhkan masyarakat terkait pelaksanaan vaksin di siang hari. Machli mengaku tenaga-tenaga kesehatan yang memberikan pelayan sudah seharian bekerja sehingga tidak memungkinkan bekerja kembali pada malam hari.

“Mereka juga manusia biasa yang membutuhkan waktu beristirahat jadi kita maksimalkan saja di siang hari karena vaksin tidak membatalkan,” pungkasnya.

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *