Ketua DAD Teweh Baru Dukung Saprudin S.Tingan dan Putes Lekas

  • Whatsapp

Muara Teweh, infobanua.co.id – Tidak asing lagi isu yang beredar di Masyarakat Adat yang mendiami Bumi Iya Mulik Bengkang Turan hingga menjadi Topik Diskusi Para Tokoh Adat Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Kabupaten Barito Utara, bahwa dengan berakhirnya masa jabatan kepengurusan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Utara Priode 2016 – 2021

Mungkin dalam waktu Dekat akan diadakan Musyawarah Daerah (Musda) DAD Kabupen Barito Utara. Yang Mana salah Satu Agenda Musda Tersebut Adalah Memilih Ketua Umum DAD Kabupaten Barito Utara Priode 2021 – 2026.

Bertempat di Rumah kediam Ketua Gerakan Pemuda Dayak (GERDAYAK) Drs. Saprudin S Tingan yang beralamat di jalan Pertiwi II RT.28 Kelurahan Melayu Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah, Ketua DAD Kecamatan Teweh Baru, Yupenalis. Telah memberikan 2 Surat Dukungan dalam Pencalonan Ketua DAD kabupaten Barito Utara periode 2021-2026, pada hari Selasa, 10/04/2021. Siang.

Surat Dukungan tersebut diberikan masing-masing kepada Ketua Gerdayak Barito Utara, Drs. Saprudin S Tingan dan Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Barito Utara, Putes Lekas.

Dalam Agenda tersebut Yupenalis menyampaikan kepada Awak media bahwa surat Dukungan tersebut diberikan mengingat 2 tokoh tersebut selama ini telah banyak berjuang untuk Masyarakat Adat Barito Utara, salah satu perjuangan nyata mereka adalah beberapa tahun yang telah lewat mereka benar-benar memperjuangkan nasib Peladang, bahkan garda terdepan dalam perjuangan.

” Selain hal tersebut diatas dengan mempertimbangkan beberapa hal yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,maka saya mengambil inisiatif memberikan surat Dukungan tersebut kepada beberapa 2 Tokoh Adat yang juga Penjuang Sejati Masyarakat Adat yang mendiami Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Kabupaten Barito Utara,” papar Yupenalis.

” Selain itu, kedua Tokoh ini jelas memenuhi berbagai Syarat yang sudah ditentukan untuk menjadi ketua umum DAD kabupaten Barito Utara,” Tutup Ketua DAD Kecamatan Teweh Tengah.

Menyikapi hal tersebut Ketua Gerdayak Barito Utara mengapresiasi inisiatif Yang dilakukan ketua DAD kecamatan Teweh Baru tersebut.

” Saya Sangat Berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua DAD Kecamatan Teweh Baru atas Kepercayaan memberikan Surat dukungan ini Kepada Kami. Maka dengan Restu para leluhur, Saya Drs. Saprudin S Tingan. Seperti semboyan kita IYA MULIK BENGKANG TURAN, dengan ini akan mengemban amanah Masyarakat Adat Barito Utara, dan Mendeklarasikan akan maju Menjadi salah satu Calon Ketua DAD kabupaten Barito Utara priode 2021-2026),” Tegas Ketua GERDAYAK Barito Utara.

Hal yang senada disampaikan Ketua AMAN Barito Utara, Putes Lekas. Mengapresiasi inisiatif Ketua DAD Kecamatan Teweh Baru, Yupenalis. Yang mana dalam hal ini telah mempercayai Beliau, bahkan memberikan Surat Dukungan untuk mencalon Sebagai ketua DAD kabupaten Barito Utara priode 2021-2026.

” Dengan adanya Surat dukungan ini, maka Saya akan mengajak kawan-kawan Pengurus AMAN, Baik di Daerah, Wilayah dan Pusat untuk mendiskusikan hal ini. Karena selama ini banyak dukungan terhadap Saya. Namun Mengingat masa jabatan Saya di AMAN Menjadi Ketua BPHD belum berakhir maka Saya masih berpikir untuk Maju,” ucap Putes Lekas.

“Namun dalam hal ini tidak menutup kemungkinan Saya akan maju, semua tergantung dari kehendak Tuhan yang Maha Esa dan Roh Leluhur. Tapi nantinya meskipun Saya tidak ikut maju dalam pencalonan, ada Ketua GERDAYAK yang Maju,” ucap Putes Lekas sembari tersenyum.

” Karena meskipun Saya tidak maju, Pamanda Drs. Saprudin S Tingan dalam hal ini Sudah Siap untuk maju dalam pencalonan tersebut,” pungkasnya. (Peli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *