Viral Video Napi Main Tik Tok, Komisi III DPR RI Minta Lapas Optimalkan Pengawasan.

  • Whatsapp
Foto Wakil ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh dari Fraksi PAN Dapil Kalimantan Selatan.

Infobanua.co.id – Kasus video viral sejumlah narapidana bermain Tik Tok yang diduga terjadi di Lapas Kelas II B Pariaman, Sumatera Barat, mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh.

Politisi PAN asal Kalimantan Selatan ini mempertanyakan terkait pengawasan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tersebut ,”Sangat disayangkan kejadian tersebut bisa terjadi didalam lapas”,Ucap Khairul Saleh,Selasa 13/04/2021.

Video sejumlah narapidana yang sedang bermain Tik Tok ini kan direkam dengan handphone, “padahal handphone atau telepon seluler merupakan barang yang dilarang digunakan dari dalam lapas”. terangnya.

Nah yang kita pertanyakan bagaimana hal tersebut bisa terjadi apakah pengawasan dilapas tersebut kurang atau ada Faktor yang lain,”Untuk itu kita akan telusuri dan meminta penjelasan kepala Lapas yang bersangkutan terkait hal tersebut”, tuturnya.

Pada intinya kita meminta kepada seluruh kepala Lapas diseluruh Indonesia agar lebih mengoptimalkan pengawasan terhadap semua aktivitas yang ada diLapas,serta meminta kementerian Kementeian Hukum dan HAM untuk memberikan sanksi tegas kepada Kepala Lapas dan pegawainya kalau melanggar aturan terkait hal pengawasan dan lainnya.jelasnya.

“Hal serupa juga kita minta berikan kepada Napi atau penghuni Lapas yang melanggar,Sanksinya bisa mencabut hak hak Napi tersebut seperti pemberian remisi dan yang lainnya”,tambah Khairul Saleh.

Kita berharap semua kepala Lapas bisa meningkatkan kembali pengawasannya sehingga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi.

Untuk pengawasan ini kan berdasarkan instruksi Menteri Hukum dan HAM dan Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan bahwa pada awal tahun 2021, untuk Lapas diseluruh wilayah di Indonesia, sudah melakukan peningkatan volume pengawasan dan pengendalian lapas ataupun rumah tahanan (rutan), dengan memperbanyak kuantitas kegiatan razia rutin. Katanya.

Wakil ketua komisi III DPR RI ini meyakini petugas-petugas di lapangan, khususnya pada lapas-lapas yang berada di wilayah Indonesia bersungguh-sungguh menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

“Karena Pak Menteri dan Pak Dirjen itu tegas, banyak pengisian untuk menggantikan dan banyak kader-kader terbaik yang siap mengisi jabatan kalapas,” pungkasnya.

Hasbi (Abie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *