Warga Desa Sungai Limas Kerja Bakti Bersihkan Mesjid dan Lingkungan

  • Whatsapp

Amuntai, infobanua.co.id – Kebersihan pangkal dari iman. Menjelang Ramadhan 1442 H, warga Desa Sungai Limas Kecamatan Haur Hading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggalang kerja bakti membersihkan Mesjid dan lingkungan, Minggu (11/4/2021).

 

Seperti yang dilakukan oleh warga lingkungan tersebut, yang melaksanakan kerja bakti membersihkan Mesjid Jami Syi’arul Islam yang berada di Desa Sungai Limas.

 

Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun pada setiap menyambut bulan suci Ramadhan, karena dengan suasana Mesjid bersih dan rapi pelaksanaan ibadah menjadi lebih khusyuk serta nyaman.

 

Pembersihan ini meliputi hampir semua yang ada seperti lantai Mesjid, jendela, tempat wudhu, pelataran mesjid. Remaja Mesjid Jami Syi’arul Islam, Abdul Majid mengatakan, bulan Ramadan adalah bulan yang suci, bulan yang diagungkan oleh setiap Muslim. Oleh karena itu, wajar jika warga menyambutnya dengan penuh kegembiraan, dengan melakukan bersih-bersih termasuk lingkungan Mesjid.

 

“Hari ini kita lakukan bersih-bersih mesjid menyambut bulan suci ramadhan, kita juga mengajak anak-anak dilingkungan mesjid untuk menanamkan nilai kebersihan sebagian dari iman dan membiasakan hidup bersih,” ucap abdul majid.

 

Berbagai kegiatan yang telah dipersiapkan selama bulan suci Ramadhan, terdiri dari shalat tarawih, tadarus dan ceramah subuh untuk menambah ilmu pengetahuan terhadap agama islam dan berbuka puasa bersama yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga.

 

Ia juga mengemukakan, tradisi gotong royong membersihkan mesjid dilakukan bukan hanya pada saat menyambut bulan suci Ramadhan, namun juga dilakukan setiap hari besar islam seperti bulan maulid dan isra mi’raj.

Fai/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *