Disdukcapil Balangan Kerjasama dengan TK Harapan Bangsa SKB untuk Pembuatan KIA

  • Whatsapp

PARINGIN- Sebagai upaya percepatan program pembuatan administrasi penduduk untuk anak, yakni Kartu Identitas Anak (KIA), Disdukcapil Kabupaten Balangan bekerjasama dengan TK Harapan Bangsa SKB Balangan.

Program ini merupakan perdana dilakukan oleh Disdukcapil yang menyasar TK di wilayah Balangan. Pada kesempatan yang sama, MoU antara Disdukcapil Balangan dengan TK Harapan Bangsa SKB Balangan mengenai pembuatan KIA dan Akta Kelahiran juga dilakukan.

Melalui kerjasama tersebut, Disdukcapil Balangan secara simbolis menyerahkan KIA untuk anak-anak yang sudah didata dan terdaftar oleh sekolah ke Kantor Disdukcapil Balangan.

Anak-anak itu mendapatkan KIA yang fungsinya sama dengan KTP, hanya saja KIA untuk anak usia 0 hingga 17 tahun, sebelum memasuki usia wajib memiliki KTP.

Kepala Disdukcapil Balangan, Hifziani menerangkan, penyerahan KIA kepada anak didik di TK Harapan Bangsa SKB Balangan, merupakan bentuk kerjasama dengan TK tersebut. Selain KIA, akta kelahiran juga dibuatkan bagi siswa yang belum memiliki dokumen tersebut.

Ia juga berharap Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan secara berkelanjutan bisa meneruskan kerjasama tersebut dan melibatkan TK serta sekolah tingkat SD dalam hal pembuatan KIA nantinya.

“Bentuk kerjasama ini merupakan program jemput bola dari Disdukcapil Balangan. Kemudian karena berlangsung di tengah pandemi, data pun dikumpulkan oleh pihak sekolah secara kolektif, kemudian akan kami tindak lanjuti,” ucap Hifziani, Rabu (14/4/2021).

Dari 56 siswa TK Harapan Bangsa SKB Balangan, semuanya pun akan mendapatkan KIA. Dari jumlah tersebut, tiga anak didik menerima KIA secara simbolis. Sementara masih ada pula KIA yang sedang dalam proses.

Selain kerjasama dengan TK, Hifziani juga menambahkan, kalau anak baru lahir pun akan mendapatkan KIA. Sehingga saat mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil, data anak akan masuk dalam kartu keluarga, kemudian mendapatkan KIA tanpa foto anak tersebut.

Terlepas dari itu, pada tahun 2021 ini, Disdukcapil Balangan mentargetkan 80 persen anak di Kabupaten Balangan akan mendapatkan KIA.

Saat ini ucapnya, data anak yang memiliki KIA di Balangan baru 38 persen. Pihaknya pun terus melakukan sosialis

Sumver: https://banjarmasin.tribunnews.com/2021/04/14/disdukcapil-balangan-kerjasama-dengan-tk-harapan-bangsa-skb-untuk-pembuatan-kia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *