Lomba Konten Video Kreatif Diskominfo Diminati Banyak Peserta

  • Whatsapp

TEGAL, infobanua.co.id – Dinas Kominfo Kabupaten Tegal untuk pertama kalinya menyelenggarakan Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I. Pada Lomba Ke I ini mengusung subtema Cegah Covid-19, Belajar Daring, dan Desa Merdeka Sampah. Dari tiga sub thema tersebut jumlah kontens video yang diterima panitia mencapai lebih dari 50 buah .

Kepala Dinas Kominfo Kab.Tegal Dessy Arifianto mengapresiasi antusisasme masyarakat mengirimkan produksi konten video . Ini merupakan potensi  sekaligus kreativitas warga  yang perlu terus difasilitasi dan dibina agar lebih berkembang dan bermanfaat. “ Kami akan selengarakan rutin lomba semacam ini dan kualitasnya terus kita tingkatkan” katanya Selasa 13 April 2021 di kantornya .

Menurut Dessy, lomba kontens video dimaksudkan untuk mensosialisasikan program atau kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Tegal kepada seluruh masyarakat melalui konten – konten video yang menarik. Hal ini juga melihat banyaknya pengguna media sosial yang kontennya hanya berisi sekadar swa foto, swa video, sehingga kreatifitasnya perlu disalurkan, diarahkan dan dimanfaatkan untuk hal – hal yang positif.

Disamping itu lomba ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya generasi muda yang menyukai dunia akting, film dan sinematografi, untuk berkreatifitas sekaligus agar mereka memahami program – program pembangunan Pemerintah.

Harapannya dengan lomba ini generasi milenial yang selama ini hanya membuat konten selfi, atau eksistensi diri, bisa mulai berpikir kreatif, inovatif, menginspirasi dan mengedukasi masyarakat  lain, mengetahui program – program pembangunan pemerintah melalui ide – ide pembuatan konten video.

Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan I yang dimulai pada 22 Februari dan ditutup 2l Maret  2021 lalu diikuti oleh 46 peserta dengan jumlah kiriman video sebanyak 54 video. Satu video kiriman dari Kabupaten Pemalang dan satu kiriman dari Kota Tegal. Sesuai peraturan Panitia, bahwa lomba ini hanya untuk masyarakat Kabupaten Tegal, maka kedua video tersebut langsung didiskualifikasi. Tersisa 52 video yang terdiri dari 15 video subtema Belajar Daring, 15 video subtema Cegah Covid-19, dan 22 video subtema Desa Merdeka Sampah.

Dessy Arifianto menambahkan, unsur penilaian lomba meliputi : Keseuaian dengan tema, substansi, Isi atau pesan yang disampaikan, kualitas gambar, tata suara, Pengambilan angle, momen, pencahayaan, ilustrasi music, kreativitas, inovasi, inspirasi, dan edukasi.

Mendasari penilaian dewan juri yang terdiri unsur praktisi perfilman, praktisi seniman dan unsur pemerintah ditetapkan sebagai pemenang adalah :

Subtema Belajar Daring :

Juara I   Kate Picture Desa Selarang Lor Kec Dukuhwaru

Juara II  Fajar Desa  Gembong Kulon Kec. Talang

Juara III Skanu Films  Kelurahan Procot Slawi

 

Subtema Cegah Covid-19  :

Juara I   Rice Mill Image Desa Tanjung Harja Kramat

Juara II  Rakiy Films Desa Tembok Banjaran Adiwerna

Juara III  Circle Studio  Kelurahan Pakembaran Slawi

 

 

Subtema Desa Merdeka Sampah  :

Juara I   GTT Cinema  Kleben, Desa. Gembong Kulon Kec. Talang.

Juara II  Ading Production Jl. Mangga Dampyak, Kec. Kramat

Juara III  LIP Cinema Desa  Pangkah, Kec. Pangkah.

Kepada para juara diberikan sertifikat dan hadiah berupa uang pembinaan masing masing sebesar Rp. 3.000.0000- untuk juara I ,  Rp. 2.500.000,- juara II dan Rp. 2,000.000,- untuk juara III. Total hadiah yang disediakan sebanyak Rp. 22,5 juta untuk tiga sub tema.

“Kami sampaikan selamat kepada para pemenang. Kepada para peserta yang belum berhasil mendapat juara, tunggu Lomba Konten Video Kreatif Pembangunan Ke- II  yang akan segera kami buka dalam waktu dekat ini,” pungkas Dessy Arifianto. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *