Pasar Ramadhan Di Kelola Warga, Banyak Di Dapati Tidak Patuhi Prokes Covid-19

  • Whatsapp
Kegiatan jual beli di pasar ramadhan di Baamang Jalan Muchran Ali, Sampit. (nal/brt)

Sampit,Infobanua.co.id – Di bulan suci ramadhan selain pasar ramdhan di Taman Kota yang langsung di awasi dan di kelola oleh dinas Perdagangan dan Perindustrian Sampit, juga masih banyak ada pasar ramadhan seperti di Baamang dan Keapang hampir disemua jalan di Sampit.

Pengelolaan pasar ramadhan yang berada di Jalan Muchran Ali dari pantauan infobanua Sampit, masih belum mematuhi Prokes Covid-19 diantaranya belum tersedianya tempat pencucian tangan, jarak berdekatan dan juga banyak pembeli serta penjual tidak memakai masker secara benar.

Begitu juga di kecamatan MB.Ketapang, pasar ramadhan yang menyediakan berbagai macam kue, masakan sayur serta es buah untuk berbuka puasa tidak luput juga banyak pembeli dan pedagang tidak memakai masker (menutup mulut) secara benar bahkan ada juga tidak sama sekali memakai masker termasuk tidak menyediakan tempat pencucian tangan.

Hal ini juga telah disampaikan oleh Bupati Kotim, Halikinnor pada saat pembukaan pasar ramadhan di taman kota. Bupati berharap pengelolaan pasar ramadhan sebaiknya mematuhi prokes covid-19, penyediaan makanan kue dan yang lainnya sebaiknya tidak memakai bahan pengawet dan pewarna yang membahayakan kesehatan manusia.

“Kalau nantinya ditemukan yang membahayakan kesehatan, pasar ramadhan diancam akan ditutup.” Tegas Halikinnor kepada sejumlah awak media.

Terkait pasar ramadhan yang di luar taman kota, Rabu (14-04-2021) Plt Kadis Perdagangan dan Perindustrian Zulhaidir menegaskan bahwa, pengelolaan pasar ramadhan oleh warga seperti di Baamang dan Ketapang untuk prokes covid-19. Pasar tersebut akan langsung diawasi oleh petugas Posko Covid-19 untuk Dinas Perdagangan dan Perindustrian tidak ikut campur.

“Kami hanya mengawasi kegiatan pasar ramadhan yang ada di taman kota saja, untuk pasar ramadhan yang dikelola oleh warga kami tidak mau ikut campur.” Ujar Zulhaidir.

Penulis : Zainal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *