Tangkal Penyebaran Corona, Penumpang Terminal Bus Kota Blitar, Akan Jalani Test GeNose C19

  • Whatsapp
Terminal Bus Tipe A Patria, Kota Blitar.

Blitar, infobanua.co.id – Terminal Bus Patria, Kota Blitar, mendapat bantuan satu unit alat skrining GeNose C19 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Terminal Bus Tipe A Patria, Kota Blitar, Verie Sugiharto, mengatakan bahwa, penumpang di Terminal Bus Patria, Kota Blitar, akan melakukan skrining covid-19 dengan menggunakan alat GeNose C19 saat mudik Lebaran tahun 2021 ini.

“Saat ini alatnya masih diambil di Jakarta,” kata Kepala Terminal Bus Tipe A Patria, Kota Blitar, Verie Sugiharto, Kamis 15-04-2021.

Menurut Verie, bahwa GeNose C19 merupakan alat deteksi dini covid-19, melalui hembusan napas yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Saat ini layanan GeNose C19 sudah tersedia di sejumlah tempat pelayanan umum,” jlenyrehnya.

Masih menurut Verie, bahwa bantuan alat skrining GeNose C19 juga untuk mengantisipasi penumpang di Terminal Bus saat mudik Lebaran.

Terminal Bus, akan menggunakan alat tersebut untuk memeriksa secara acak sebanyak sepuluh orang penumpang setiap harinya.

Jadi jika ada penumpang yang reaktif, terminal akan berkoordinasi dengan Satgas covid-19 terkait tindak lanjut dengan penanganannya.

“Pemeriksaan kami prioritaskan kepada penumpang yang hendak berangkat. Namun penumpang yang datang juga kami periksa,” ungkapnya.

Lebih dalam Verie menerangkan bahwa, layanan skrining covid-19 menggunakan alat GeNose C19 diberikan secara gratis kepada penumpang di Terminal Bus Patria.

“Layanannya gratis untuk penumpang. Tiap hari rata-rata ada sepuluh penumpang yang diperiksa,” paparnya.

Selanjutnya Verie menjelaskan bahwa, di Jawa Timur, sudah ada 10 Terminal Bus yang menggunakan layanan GeNose C19.

Dan rencananya, Terminal Bus Patria Kota Blitar dan Terminal Bus Pacitan akan menyusul memberikan layanan skrining covid-19 dengan menggunakan alat GeNose C19.

“Sudah ada sepuluh Terminal Bus di Jawa Timur yang menerapkan layanan skrining GeNose C19. Sedang Kota Blitar dan Pacitan akan segera menyusul,” pungkasnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *