Sambut Hari Kartini, DPPKB Berikan Layanan KB Gratis

Surat edaran DPPKB. (Ist)

SANGATTA – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kutai Timur (DPPKB Kutim) dalam menyambut hari Kartini tahun 2021 menyelenggarakan pelayanan KB gratis serentak untuk seluruh masyarakat Kutim melalui puskesmas terdekat di setiap kecamatan di Kutim.

Saat di konfirmasi awak media, Sabtu (17/4/2021), Plt Kepala DPPKB dr Setiadi Halim mengungkapkan, kegiatan itu merujuk dengan surat dari BKKBN Kaltim nomor: 3182/KB.09.02/J3/2021, maka BKKBN bekerjasama dengan DPPKB Kutim melaksanakan pelayanan KB gratis dalam menyambut hari Kartini.

“KB gratis ini masih berlangsung, sebelumnya dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 21 April 2021,” ujarnya.

Ia menambahkan pertumbuhan penduduk yang sekarang ini mulai merangkak naik. Untuk itu, perlu diimbangi dengan cara pengendalian laju pertumbuhannya, sehingga bisa seimbang dengan program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Program KB selain dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara pengaturan kelahiran anak. Diharapkan juga dapat membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekuatan sosial ekonomi suatu keluarga, sehingga terbentuk keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya,” jelasnya.

Terakhir, ia berharap, semoga partisipasi kepesertaan masyarakat menggunakan KB di Kutim meningkat. Sebab hal itu menandakan bahwa kesadaran masyarakat tentang perencanaan KB semakin membaik.(hms7/hms3).

Sumber:  pro.kutaitimurkab.go.id