Tilang Sistem ETLE Kota Blitar, Belum Bisa Dilaksanakan

  • Whatsapp
Pertigaan jalan Melati, Kota Blitar.

Blitar, Infobanua.co.id – Rencana Sistem tilang elektronik atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) yang rencana dilaksanakan bulan April 2021 di wilayah hukum Polresta Biltar Kota (Polresta Blitar) belum dapat dilaksanakan karena perangkat atau komputernya belum ada.

Kapolres Blitar Kota, melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres Blitar Kota, Ipda Samsul Anwar, mengatakan bahwa, sistem tilang elektronik atau Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah hukum Polres Blitar Kota, belum bisa dilaksanakan karena perangkat atau komputernya belum tersedia.

“Penerapan Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) atau sistem tilang elektronik di empat titik Kota Blitar yang rencananya mulai dilaksanakan awal bulan April.2021 ini ditunda,” kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Blitar Kota, Ipda Samsul Anwar, kepada awak media, Sabtu 17-04-2021.

Menurut Samsul, bahwa saat ini, Polres Blitar Kota bersama Pemeritah Kota Blitar sedang mempersiapkan sarana dan prasarana untuk menerapkan sistem tilang elektronik. Dan ditargetkan akhir bulan April 2021 sudah dapat segera diterapkan.

“Untuk CCTV sudah dipasang di empat titik wilayah Kota Blitar, diantaranya di simpang tiga jalan Sudancho Soeprijadi atau tepatnya timur Hotel Herlingga, persimpangan jalan Sumatera, tepatnya di selatan patung Bung Karno, kemudian jalan Merdeka Barat atau perempatan Kepala Kampung dan simpang tiga jalan Melati,” jlentrehnya.

Selanjutnya Samsul menjelaskan bahwa, sedangkan untuk perangkat seperti layar komputernya saat ini belum ada.

Layar komputer ETLE nantinya berada di Polres Blitar Kota. Sehingga pengawasan langsung dilakukan dari anggota Satlantas Polres Blitar Kota.

“Layar komputer ETLE nanti diletakkan di Polres Blitar Kota. Sehingga pengawasan langsung dilakukan oleh anggota Satlantas Polres Blitar Kota,” pungkasnya.

Telah diberitakan sebelumnya, bahwa awal bulan April 2021 Polres Blitar Kota akan menerapkan sistem tilang elektronik atau ETLE.

Ada empat titik lokasi yang dipasang kamera CCTV. Dan kamera CCTV tersebut untuk merekam pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara.

Pelanggar lalu lintas yang terekam kamera CCTV akan menyambung ke aplikasi sistem tilang elektronik di Polres Blitar Kota, selanjutnya pelanggar akan mendapatkan surat bukti pelanggaran untuk mengikuti persidangan.

Apabila pelanggar tidak mengikut sidang maka nomor kendaraannya akan diblokir. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *