Sebanyak 25 SD Tidak Memenuhi Pagu Rombel Pada PPDB Jalur Zonasi

  • Whatsapp
Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar, menginformasikan jika ada 25 Sekolah Dasar (SD) Negeri dari jumlah 48 SD Negeri di Kota Blitar, masih belum memenuhi pagu Rombongan Belajar (Rombel) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi pada tahun 2021 ini.

Kepala Dindik Kota Blitar, melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat, mengatakan bahwa, pihaknya memperbolehkan sekolah yang belum memenuhi pagu rombel untuk menerima siswa baru.

“Sesuai Peraturan Mendikbud No 01 Tahun 2021, sekolah diperkenankan menerima siswa baru kalau belum memenuhi pagu rombel,” kata Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Blitar, Didit Rahman Hidayat, kepada awak media, Minggu 18-04-2021.

Menurut Didit, bahwa pendaftaran PPDB jalur zonasi tingkat SD di Kota Blitar selesai pada Jum’at 09 April 2021.

Sedang pengumuman hasil pendaftaran PPDB jalur zonasi tingkat SD baru dilakukan, Jum’at 16 April 2021 kemarin.

“Berdasarkan data aplikasi pendaftaran online di Dinas Pendidikan Kota Blitar, tercatat ada 1.149 siswa baru yang diterima di PPDB jalur zonasi tingkat SD,” jlentrehnya.

Lebih dalam Didit menjelaskan bahwa, seharusnya jumlah pagu siswa baru di PPDB jalur zonasi tingkat SD sekitar 1.624 siswa dari 48 SD Negeri di Kota Blitar.

Jadi ada sekitar 25 SD yang belum memenuhi jumlah pagu rombel pada pendaftaran PPDB jalur zonasi tersebut.

“Jumlah pagu rombongan belajar seharusnya 28 siswa per kelas. Sedang jumlah siswa baru di 15 SD itu masih kurang dari 28 anak,” ungkapnya.

Selanjutnya Didit menjelaskan bahwa, sekolah yang belum memenuhi jumlah pagu rombongan belajar, dapat melakukan penerimaan siswa baru lewat jalur pemenuhan kuota.

Sedang penerimaan siswa baru lewat jalur pemenuhan kuota, dapat dilakukan untuk calon siswa yang belum mendapatkan sekolah.

Calon siswa yang belum mendapatkan sekolah, bisa mendaftar di sekolah yang belum memenuhi jumlah pagu rombongan belajar.

Atau jika ada siswa pindahan bisa diarahkan ke sekolah yang belum memenuhi jumlah pagu rombongan belajar.

Tapi meski tidak memenuhi jumlah pagu rombongan belajar, sekolah tetap bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

“Kalaupun jumlah pagu rombongan belajar tetap tidak terpenuhi, tapi sekolah tetap dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” pungkasnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *