Gubernur Kaltara Tebar Benih Ikan dan Udang di Desa Wisata Lore

  • Whatsapp

Malinau, Infobanua.co.id – PT KPUC Juwanda Rusmana pemilik perusahaan mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara ke KPUC Batu Lidung Malinau di Desa Wisata Lore Kecamatan Malinau Selatan, (17/ 4/ 2021) di Balai Adat Desa Wisata Lore Malinau Selatan.

Direksi PT KPUC Susanto atas nama menajamen perusahaan dalam sambutannya memohon maaf kepada masyarakat Malinau khususnya masyarakat Malinau Selatan. Akibat adanya jebolnya tanggul sumur limbah batu bara yang mengalir melewati sungai Malinau. Sehingga mengakibatkan ikan-ikan banyak yang mati karena keracunan dengan air limbah batu bara.

Mengatasi soal itu, manajemen KPUC mengganti ikan-ikan milik warga dengan ikan yang baru. Untuk itu PT KPUC mengundang Gubernur dan Wakil Gubernur untuk melepaskan benih ikan dan udang yang di persiapkan dari Dinas Perikanan Malinau yang dilepas di darmaga Desa wisata Lore.

Plh. Bupati Malinau DR. Ernes Silvanus, S.pi, MM dalam sambutannya, mengajak perusahaan PT KPUC bisa menjaga ketahanan sumur limbah batu bara. “Jebolnya tanggul sudah terjadi beberapa kali, akibatnya air sungai menjadi tercemar dan kotor. Airnya berwarna keruh dan rasa gatal,” katanya.

Kata bupati, tanggul sumur yang jebol batu2 ini mengakibat kan banyak ikan dan udang yang mati dan membusuk di sepanjang tepian sungai Malinau. “Oleh karena nya mari kita mengawasi tanggul sumur limbah ini dengan baik sehingga tidak terulang lagi,” kata Plh Bupati.

Sementara Drs. H Zainal A Paliwang, SH, M Hum dalam sambutan mengatakan, ikan dan udang kurang lebih 2 ribu ekor dilepaskan di sungai.

Zainal mengajak semua pihak bergandeng tangan membangun Kalimantan Utara dengan semangat yang tinggi. Dengan peduli dan memperhatikan desa. “KIta jaga bersama keindahannya, keharmonisan pasti dapat terwujud. Hal ini sesuai dengan visi misi kami dua ada tiga pilar, infrastruktur, pendidikan dan pertanian dalam arti luas, membangun Kaltara kedepan untuk maju dan sejahtera,” katanya.

Sementara kata Yansen TP, Gubernur Kaltara berkunjung ke lima kabupaten/kota untuk milihat langsung dan ingin mengetahui kemajuan pembangunan selama ini.

“Saya akan teruskan melihat desa, termasuk desa wisata Lore ini yang cukup baik, indah dan kebersihannya sangat baik, Begitu pula desa – desa lainnya juga memperhatikan keindahan dan kebersihan, juga yang di bangun oleh pak Yansen TP adalah RT bersih harus di tingkatan,” katanya.

Penyerahan benih ikan kepada tiga perwakilan kepala Desa oleh Gubernur prov Kaltara untuk di lepas ke sungai Malinau/di darmaga Desa wisata Lore, kata Gub Kaltara. Kegiatan ini juga dihadiri Forkompimda Kaltara, anggota DPD RI Drs. Marten Billa, MM , Danrem Kaltara, Kapolda, Kapolres Malinau, Bupati Malinau Wempi M Mawa, SE dan Wakil Bupati Jakaria, SE, M.si yang akan di Lantik tanggal 26 April 2021 kedepan ini.

Jurnalis : Philipus. A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *