Lestarikan Makanan Khas Nusantara Wujudkan Ekonomi Kuat Keluarga Sehat Sejahtera

  • Whatsapp

Martapura, infobanua.co.id – Bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini 21 April, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar acara Bincang Kartini 2021, di Jakarta.

 

Kegiatan kerjasama Tim Penggerak PKK Pusat dengan Dharma Wanita Kemendagri via zoom meeting ini mengusung tema peran perempuan melestarikan makanan khas nusantara untuk wujudkan ekonomi kuat dan keluarga sehat sejahtera.

 

Kegiatan diikuti oleh TP PKK Provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia, termasuk Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas, didampingi Kaban Kesbangpol Aslam dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina, di Mahligai Sultan Adam Martapura.

 

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar mengatakan, makanan khas Indonesia merupakan salah satu sumber kekayaan yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

 

“Keberagaman makanan khas Indonesia yang tersebar di seluruh daerah yang diperkenalkan oleh TP PKK merupakan aset berharga bagi bangsa Indonesia yang harus dijaga,” katanya.

 

Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian menyampaikan, semua harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang makanan yang akan dikonsumsi, karena makanan merupakan sumber utama untuk pembentukan sumber daya manusia yang diharapkan.

 

”Mengkonsumsi makanan yang sehat harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, antara lain makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak dikonsumsi dengan pola makan yang baik dan tidak berlebihan,” ujarnya.

 

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas dalam keterangannya menjelaskan dalam menyajikan makanan, tidak hanya nikmat tapi juga memperhatikan makanan yang dikonsumsi keluarga dengan makanan yang bermanfaat bagi tubuh.

 

Ia berharap kepada kaum perempuan di Kabupaten Banjar, melalui pelestarian makanan khas lokal Indonesia, dapat menjadi manusia berkualitas unggul dengan kebiasaan pola hidup yang sehat.

Fad/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *