Para “Kartini” IBI Se-Kutim Wujudkan Kepedulian Wanita – Ikut Sukseskan Kegiatan KB dan IVA Gratis

Foto bersama usai kegiatan pelayanan KB gratis dan IVA test tersebut, bertempat di Klinik Pratama Bidan Triana Nur. (Ist)

SANGATTA – Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan dan reproduksi wanita, serta dalam rangka memperingati Hari Karitini 2021, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) turut bersinergi dalam memberikan pelayanan KB gratis dan IVA Test gratis. Acara itu, digelar secara simbolis pelayanan KB gratis dan IVA test tersebut, bertempat di Klinik Pratama Bidan Triana Nur Jalan Margosantoso, Sangatta Utara, Kutim, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan ini dihadiri, Plt Kepala DPPKB Kutim dr Setiadi Halim, Ketua Gabungan Organisasi Wanita(GOW) Kutim, Hj Tirah Satriani Bulang, Kodim 0909/Sangatta, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kutim Sri Andayani, perwakilan Dinas Kesehatan Kutim, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kutim serta Danramil 0909-01/Sangatta Kapten Inf Arif Safardiyatno.

Ketua IBI Kutim Triana Nur melalui sekretaris Yuliana Kala Lembang mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kartini dan sebagai wujud perhatian IBI Kutim terhadap kaum perempuan. Adapun pelayanan KB yang diberikan adalah pemberian KB gratis dan IVA Test.

Dikatakan Yuliana IBI selaku organisasi profesi dan pelayanan masyarakat berupaya untuk menjadi mitra pemerintah yang handal dan professional.

“Dihari Kartini ini meskipun dilaksanakan secara sederhana karena adanya pandemi Covid-19, namun tetap disemarakkan melalui Bakti sosial IBI di seluruh Kecamatan.” ungkap Yuliana.

Ditambahkannya sebagai perempuan sudah sepatutnya kita menjaga dan meneruskan perjuangan Kartini guna mewujudkan masyarakat yang sehat berkualitas, cerdas sejahtera dan bahagia. Tentunya dengan menjaga kesehatan termasuk kesehatan reproduksi melalui KB dan deteksi dini kanker mulut rahim dengan IVA Test.

“Selamat hari Kartini dan tetaplah hebat meskipun di masa pandemi, semangat dan ketulusan kita mencerminkan Kartini-kartini di masa depan,” ucap Yuli.

Untuk diketahui, pelayanan KB gratis serentak ini merupakan kerjasama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan DPPKB Kutim dan turut di dukung 23 ranting IBI yang tersebar di 18 Kecamatan serta TNI, TP-PKK Kutim, Dharmawanita, GOW dan mitra lainnya.(hms15/hms3)

Sumber:  pro.kutaitimurkab.go.id