H. Ahmad Nabhan : Kaltim Berzakat Dimasa Covid-19 BAZNAS Optimis

  • Whatsapp

Samarinda, Infobanua.co.id – Kalimantan Timur (Kaltim) salah satu dari beberapa provinsi di nusantara yang memiliki kekayaan sumber daya alam berlimpah, baik sumber daya alam terbarukan maupun tidak bisa diperbarui.

Banyak perusahaan-perusahaan di wilayah Kaltim belum tersentuh dan kita optimis 2021 ini meningkat zakat, infaq dan sedekah, tutur H. Ahmad Nabhan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kaltim diruang kerjanya.

Pengalaman 2020 sendiri, warga muzakki menyalurkan zakat, infaq dan sedekah menurun dikarenakan imbas dari covid-19 yakni sekitar 6 miliar lebih. “Sebelumnya pada tahun 2018-2019 sekitar 11 miliar lebih”.

“Baznas Kalimantan Timur bekerja maksimal mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah agar target tercapai seperti di tahun 2018-2019 kalau bisa lebih dengan cara,” kita melakukan silaturahmi kepada muzakki-muzakki yang sudah berzakat tetap seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan perusahaan yang ada di wilayah Kaltim.

Pada tahun ini, kita mengadakan Kaltim berzakat yang dilaksanakan oleh Baznas Kaltim bekerjasama dengan pemerintah provinsi 27 April 2021 di mesjid pemprov Kaltim.

Gubernur berzakat pada acara tersebut, mengundang semua SKPD yang berada di dinas provinsi, perusahaan dan perbankan untuk melaksanakan berzakat.

Masih menurut Nabhan, Baznas menyalurkan zakat para muzakki. Tentunya yang berhak menerima zakat, ada  8 Asnaf yang menerima manfaat zakat berdasarkan surat At-Taubah ayat 60 yakni Fakir, Miskin, Amil, Mu’allaf, Hamba sahaya, Gharimin, Fisabilillah dan Ibnus Sabil.

Secara bersamaan Miswan Thahadi Wakil Ketua I Baznas Kaltim mengatakan, fungsi umum Baznas dalam konteks Covid-19 mengentaskan kemiskinan menjadi prioritas.

Jadi, dari 8 Asnaf itu yang menjadi fokus kita di Baznas ini yakni fakir miskin prioritas syariah yang disebut pertama dan juga riil saat ini meningkat angka kemiskinan akibat Covid-19, kata Miswan. (Rei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *