Lapas Kelas IIB Cianjur Ganti Jam Bezuk Langsung Dengan Video Call, Untuk WBP Lepas Rindu Dengan Keluarga

  • Whatsapp
Kalapas Kelas IIB Cianjur Heri Aris Susila.

Cianjur, infobanua.co.id – Selama Pandemi Covid-19 Layanan Kunjungan / Besukan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cianjur dialihkan menjadi Kunjungan Video Call.

Selain itu selama bulan Ramadhan ini Lapas juga menyediakan layanan Penitipan makanan bagi masyarakat atau keluarga warga binaan yang ingin menitipkan makanan bagi WBP Lapas. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Lapas kelas IIB Cianjur,Heri Aris Susila,Saat ditemui diruang kerjanya Kamis (28/04/2021).

“Karena kondisi Pandemi Covid-19, Layanan Kunjungan diganti dengan Video Call. Dalam artian Lapas Cianjur memberikan fasilitas kepada warga binaaan atau keluarganya yang ingin melepaskan rindu atau ingin berkunjung dengan cara video Call,jadi untuk kunjungan langsung diganti polanya dengan cara Online”.ucap Aris.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah meminimalisir penyebaran virus Covid-19 khusunya dilingkungan lapas dan sebagai bentuk implementasi pelaksanaan perintah pimpinan,terang Aris.

Selain itu Pada bulan suci Ramadhan tahun ini jika keluarga mereka ada yang ingin menitipkan makanan untuk keluarganya yang di dalam. Kami telah menyediakan waktu untuk mereka menitipkan makanan untuk berbuka puasa, jadi ada tim khusus untuk melayani titipan makanan untuk WBP.

“Kita siapkan layanan titipan makanan bagi keluarga yang ingin memberikan makanan untuk berbuka puasa,Ada petugas yang kita siapkan untuk menerima titipan makanan tersebut,dan tentunya tetap dilakukan pemeriksaan yang ketat terhadap makanan yang dititipkan tersebut”.jelas Aris.

Selama bulan Ramadhan ini Lapas kelas IIB Cianjur juga lebih memfokuskan kegiatan keagamaan seperti ceramah agama,pengajian ayat suci Al-Quran dan pelaksanaan sholat tarawih.

“Lapas Cianjur ini kan terkenal dengan pembinaan rohaninya makanya dikenal dengan sebutan lapas santri,nah untuk itu kegiatan keagamaan pada bulan Ramadhan ini lebih kita optimalkan dan menjadi keharusan bagi warga binaan untuk mengikutinya”.jelas Aris.

Khusus untuk pelaksanaan tarawih karena pelaksanaannya malam hari jadi dilaksanakan secara bergiliran untuk warga binaan yang mengikuti sholat tarawih dimesjid yang ada di lapas,namun bagi warga binaan lain yang tidak kena giliran,kita persilahkan juga kalau mau melaksanakannya di bloknya masing masing.tutup Kalapas kelas IIB Cianjur yang juga pernah menjadi Kalapas dikabupaten Barabai,kalimantan selatan ini.

Hasbi (Abie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *