Ini Besaran Zakat Fitrah Untuk Wilayah Kabupaten Barsel

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id –  Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), sudah menetapkan besaran zakat fitrah 1442 H Tahun 2021 untuk wilayah Kabupaten Barsel.

 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Barsel, H. Syuriansyah, Senin (3/5/2021).

 

“Untuk zakat fitrah dalam bentuk beras kami sudah menetapkan dengan timbangan sebesar 2,5 Kg atau 3,5 Liter untuk satu orang,” ucapnya.

 

Lanjutnya, penetapan nilai zakat fitrah ini sudah berdasrkan dari hasil rapat koordinasi Kemenag bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) cabang Kabupaten Barsel.

 

“Sesuai hasil dari rapat koordinasi, apa bila diuangkan maka nilai kadar zakat fitrah untuk kategori beras berkualitas tinggi sebesar 45 Ribu/jiwa, untuk beras menengah 35 Ribu/jiwa, sedangkan untuk beras kualitas rendah ditetapkan sebesar 25 Ribu/jiwa,” ujar Syuriansyah.

 

Syuriansyah menambahkan, hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi seluruh umat islam yang ada di Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

 

“Artinya kadar zakat fitrah yang dikeluarkan setiap orang, harus disesuaikan dengan beras yang mereka makan sehari-harinya,” ungkapnya.

 

Masih dikatakan Syuriansyah, perlu diketahui bahwa ketetapan zakat fitrah tersebut berlaku untuk Enam Kecamatan yang ada di Kabupaten Barsel.

 

“Sedangkan untuk zakat mal atau harta harus melalui lembaga yang sah, seperti  Baznas dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), sesuai dengan Undang-Undang pasal 38 Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat,” tutup Syuriansyah.

Fad/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *