Libur Lebaran Semua Kawasan Wisata Kota Blitar Dibuka Untuk Umum.

  • Whatsapp
Salah satu sudut didalam Istana Gebang, Kota Blitar.

Blitar, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melaui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, menginformasikan bahwa, semua kawasan wisata di Kota Blitar diperbolehkan untuk beroperasi pada saat libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2021, dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan (protkes) secara benar dan ketat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, mengatakan bahwa, semua tempat kawasan wisata boleh dibuka tapi harus menerapkan protkes secara benar dan ketat.

“Kami juga masih menunggu Surat Edaran (SE) dari Satgas covid-19 terkait operasional kawasan wisata,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, Senin 03-05-2021.

Menurut Tri Iman, bahwa Surat Edaran dari Satgas covid-19 belum keluar. Surat Edaran tersebut mungkin akan mengatur tentang pembatasan jam operasional tempat kawasan wisata saat libur Lebaran.

“Kawasan wisata yang dikelola Disparbud, yakni Malam Bung Karno (MBK), Istana Gebang, dan Kawasan PIPP,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Tri Iman menjelaskan bahwa, kawasan wisata Makam Bung Karno, Istana Gebang, dan PIPP dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan secara benar dan ketat.

Sehingga para pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan, dan diperiksa suhu tubuhnya saat hendak masuk areal kawasan wisata.

Disamping itu petugas juga mengatur jumlah pengunjung yang masuk tempat wisata agar tidak terjadi kerumunan.

Disinggung tentang apakah juga akan dilakukan rapid test kepada para pengunjung dari luar kota, langsung dijawab Tri Iman, tidak.

Justru dia memperkirakan tidak ada pengunjung dari luar kota, karena sudah ada penyekatan di wilayah perbatasan masuk wilayah Kota Blitar.

“Tidak ada rapid test untuk pengunjung dari luar kota, yang terpenting melakukan protkes dengan benar dan ketat,” ungkapnya.

Selanjutnya Tri Iman menerangkan bahwa, pengunjung kawasan wisata Makam Bung Karno mayoritas dari luar kota bahkan dari luar provinsi.

Dan biasanya, momen Lebaran digunakan para pengunjung dari luar kota untuk berziarah ke makam Bung Karno.

Dan seharusnya tidak ada pengunjung dari luar kota karena sudah ada penyekatan oleh TNI dan Polri di wilayah perbatasan Kota Blitar.

Sementara Sekretaris Satgas covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan bahwa, tempat wisata boleh beroperasi dengan penerapan protokol kesehatan secara benar dan ketat saat libur Lebaran 2021 ini.

Tapi akan dilakukan pembatasan jam operasional di tempat kawasan wisata selama libur Lebaran ini.

“Kawasan tempat wisata boleh buka dengan protkes yang benar dan ketat serta ada pembatasan jam operasional. Misalnya, semua tempat kawasan wisata sudah harus tutup pada pukul 15.00 WIB,” pungkasnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *