Polres Blitar Menyiagakan Empat Pos Penyekatan, Untuk Antisipasi Pemudik

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela.

Blitar, Infobanua.co.id – Polres Blitar telah menyiagakan empat pos penyekatan pada periode larangan mudik dari tanggal 06 Mei sampai dengan tanggal 17 Mei 2021.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan bahwa, pada saat periode Larangan Mudik Lebaran tahun 2021 akan disiagakan empat pos penyekatan.

Empat pos yang disiagakan terdiri dari dua Pos Tetap dan dua Pos Insidentil bersama dengan personel gabungan dari TNI, Dishub dan SatPol PP Kabupaten Blitar.

“Dua Pos Tetap yang satu berada di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Selorejo, dan satu lagi Pos Tetap dalam kota di Kanigoro,”.kata Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, kepada awak media, Senin 03-05-2021.

Menurut Leobard, bahwa untuk Pos Tetap di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang di Kecamatan Selorejo, merupakan pos gabungan dengan Polres Malang, karena berada dijalur utama lalu lintas antara Blitar dan Malang yang dilakukan penyekatan.

Jika sesuai aglomerasi dan rayon, wilayah Kabupaten Blitar satu rayon dengan Kabupaten Kediri Tulungagung, Trenggalek, dan Nganjuk, sehingga penyekatan hanya dilakukan didaerah perbatasan Blitar dengan Malang.

“Sedang dua Pos Insidentil didirikan di jalur Kecamatan Wates, untuk antisipasi pemudik arah dari timur atau Malang, serta di Kecanatan Gandusari mencegah pemudik dari arah utara atau Malang dan Batu,” jlentrehnya.

Selanjutnya Leonard menjelaskan, bahwa mengenai jalur tikus atau jalur alternatif yang mungkin akan menjadi jalan pemudik untuk bisa masuk wilayah Kabupaten Blitar, pihaknya juga akan memaksimalkan Satgas di tingkat Desa dan Kelurahan.

“Untuk jalur tikus atau jalur alternatif yang tersembunyi yang mungkin akan menjadi jalan para pemudik untuk bisa masuk wilayah Kabupaten Blitar, kami juga memaksimalkan Satgas di tingkat Desa dan Kelurahan,” pungkasnya. (Eko.B).