Categories: Sekadau

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Kunjungi PT KSP

Sekadau, infobanua.co.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten kembali mengingatkan kepada sejumlah perusahaan terkait sudah adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Coporate Social Responsibylity (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan.

Hadir pada kunker tersebut ketua komisi, II Yodi Setiawan, anggota Ardi Wirata, Bambamg, Moloy, Matius Candra Dawi, Ari Wiro Kurniawan, Liri.Muri.

Sesuai Perda nomor 1 tahun 2017 tersebut memang belum ada peraturan bupati (Perbup) terkait petunjuk pelaksanaan Perda tersebut.

“Kita berharap agar perusahaan dalam menerapkan CSR tidak monoton pada satu jenis saja, misalnya hanya monoton membuat jalan, kedepan kita berharap, CSR bisa menyentuh kebutuhan lain, misalnya bantuan pupuk bagi petani,”kata Yodi Setiawan,S,sos ketua komisi II DPRD kabupaten Sekadau ketika menbuka dialog dengan menejemen PT. KSP, Selasa (4/5/2021) di Belitang.

Sementara itu, Bambang dalam dialog tersebut ia.menberi masukan kepada pihak perusahaan terkait kwalitas perbaikan infrastruktur. Utamakan kwalitas, jangan asal jadi ketika perusahaan memperbaiki jalan.

“Saat ini akses jalan ke desa Sungai Tapah masih rusak,kita minta peran perusahaan,lebih dominan agar akses ke sana bisa lancar,”saran Bambang.

Hal yang sama juga di katakan oleh Ardi Wiranata.

Sementara itu Matius Candra Dawi mengakui, kalau selama ini masyarakat sudah sangat terbantu dengan ada CSR yang dilakukan oleh perusahaan, hanya saja tidak tercatat dan dilaporkan.

“Meski kali ini adalah kunjungan pertama komisi II DPRD, namun harapannya kedeapn harus ada komunikasi yang baik antara perusahaan dan DPRD, terutama komisi yang membidangi perkebunan,” kata Dawi.

ia berharap agar perusahaan sebagai bapak angkat petani kiranya jangan bosan-bosan berikan pembinaan kepada petani.

“Ada 12 Satuan Pemukiman (SP) di wilayah kerja PT.Kalimanyan Sangar Pusaka (KSP) yang harus di bina oleh menejemen sebagai bapak angkat,” ingatnya.

Mengenai Replanting perusahaan harus lakukan komunikasi yang baik dengan petani melalui KUD yang sudah ada.

Sementara ditempatkan yang sama Ari Wiro Kurniawan, dalam penyampaiannya mengatakan bahwa dalam mensosialisasikan perda nomor 01 tahun 2017 tentang CSR, dirinya melihat ada sedikit masalah di perusahaan tersebut yakni adanya kesalahan tata niaga perkebunan.

Namun,ia menilai muara dari kesalahan dari tata kelola niaga cenderung kurangnya jalinan memilih komunikasi antara petani dan perusahaan,sehinga petani dengan leluasa bisa berkomunikasi dengan perusahaan lain.

“Masalah,tentu soal keseragaman harga Tandan Buah Segar (TBS) antar perusahaan berbeda. Artinya, hanya terkait soal harga,”kata Ari.

Sementara itu Liri Muri, dalam paparannya ia mengatakan,bahwa terkait soal sertifikat warga yang berada didalam HGU perusahaan.
Karena, meskipun sama-sama masuk dalam wilayah HGU,namun kenapa masih ada yang tidak terbit Sertifikat nya.

“Padahal melalui program PTSL secara gratis dari pemerintah, warga baru bisa membuat sertifikat. Nah, bagi yang belum terbit Sertifikat nya,kita minta perusahaan bisa komunikasi dengan pihak BPN,” saran Liri.

Ia juga menyarankan agar, setiap perusahaan wajib menjalankan CSR sesuai Perda yang sudah di sahkan oleh Legislatif bersama eksekutif.

Sementara itu Tobing general PT. KSP menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh para wakil rakyat terutama terkait masalah replanting kebun plasma.

Menurut Tobing,soal replanting pihaknya sudah menawarkan beberapa opsi kepada petani,

“Mau dikelola sendiri atau diserahkan kepada perusahaan. Tinggal komitmen dari petani,”
katanya

Mengenai tata niaga, saat ini memang kebutuhan olah TBS di PKS selama ini memang tidak sesuai target, hal ini tentu menyulitkan pihak perusahaan,namun pihaknya tidak patah arang, terus berupaya agar tata niaga segera normal.

Mengenai CSR ia mengklaim sudah banyak yang dilaksanakan yakni perbaikan jembatan,jalan, untuk Sembako dan bantuan rumah ibadah.

“Untuk CSR kita sudah banyak melakukan dengan berbagai jenis kegiatan, karena itu sudah menjadi komitmen kami,” ucapnya.

ril

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Dukung Percepatan Penurunan Stunting, Ratusan Kader PKK Ikuti Peningkatan Kapasitas

Martapura, infobanua.co.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar gelar kegiatan peningkatan kapasitas kader Pokja I…

4 jam ago

Puluhan Pejabat Pengawas di Kabupaten Banjar Ikuti Pelatihan Kepemimpinan

Martapura, infobanua.co.id – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banjar menggelar Pelatihan Kepemimpinan…

4 jam ago

Berikan Perlindungan Diri Keluarga, Akhmad Maulani Percayakan Pada Program JKN

Banjarmasin, infobanua.co.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah terbukti sangat bermanfaat saat seseorang menghadapi…

5 jam ago

Bupati Banjar Lepas Rombongan DPC APDESI Ke Batola

Martapura, infobanua.co.id – Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi wakilnya Habib Idrus Al Habsyi, Kepala…

7 jam ago

Peringati Hari Kesadaran Nasional, Bupati Banjar Minta Perhatikan Pengelolaan APBD

Martapura, infobanua.co.id – Bupati Banjar H Saidi Mansyur pimpin Apel Hari Kesadaran Nasional Tingkat Kabupaten…

7 jam ago

Tingkat Kehadiran ASN Paska Lebaran Capai 100 Persen

Sampit, infobanua.co.id - Tingkat kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim)…

14 jam ago