Categories: KALTARA

DPRD Nunukan Soroti Kinerja Pemerintah Khususnya Bidang Pertanian Dalam Artian Luas

Nunukan, infobanua.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Melalui Panitia khusus Setelah mencermati Dokumen Laporan Keterangan Pertanggung jawaban LKPJ Bupati Nunukan Tahun Anggaran 2020, Setelah dilakukan Pembahasan S3cara Internal lewat Rapat-rapat dan Peninjauan secara Langsung di kecamatan ditambah Masukan dari Masyarakat maka pada kesempatan disampaikan beberapa Catatan Trategis berupa Rekomendasi DPRD kabupaten nunukan Kepada pemerintah Daerah Atas Pelaksanaan Kinerja penyelenggara Pemerintahan Tahun Anggaran 2020.

Bidang Pertanian dalam arti luas memiliki peranan yang cukup penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Nunukan.

Hal ini dikarenakan hampir Sebagian besar masyarakat di beberapa Kecamatan memiliki mata pencaharian sebagai petani peternak dan nelayan.

Melalui kegiatan pengembangan bibit ikan unggul pengendalian hama penyakit, pengadaan sarana prasarana untuk usaha skala kecil, kegiatan penanganan daerah rawan pangan, serta kegiatan peningkatan mutu dan keamanan pangan kegiatan pengembangan cadangan makanan daerah.

Diharapkan bisa meningkatkan produksi mutu dan pendapatan bagi para petani.
Di saat pandemi covid 19 banyak para petani dan nelayan yang mengalami kemerosotan ekonomi sehingga perlu langkah-langkah strategis agar mereka dapat kembali menjalankan usaha karena adanya bantuan dan pendampingan oleh pemerintah daerah.

olehnya itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memberikan
Rekomendasi.

1. Setelah beberapa tahun pembangunan cold storage di Pulau Nunukan telah selesai dilaksanakan, di untuk itu diharapkan kepada pemerintah agar dapat mengoperasikan cool storage tersebut serta penyediaan sarana prasarana pendukung agar dapat beroperasi mendukung pengembangan sektor perikanan di daerah.

2. Terhadap optimalisasi sumber pendapatan lewat hasil laut dan pertanian anne-marie diharapkan pemerintah daerah melakukan pembinaan terhadap sumber daya nelayan dan Penyuluh Pertanian.

3. Telah kita ketahui bersama bahwa komoditi rumput laut merupakan salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat oleh karena itu maka perlu mendapat perhatian terkait pembinaan bagi pembudidaya rumput laut penanganan rumput laut basah stabilitas harga serta dukungan pemasaran baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

4. Terkait zonasi di wilayah perairan yang sering menimbulkan permasalahan di tingkat petani dan nelayan maka diharapkan pemerintah daerah melakukan koordinasi untuk pengaturan zonasi wilayah dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat (Yuspal)

admin

Recent Posts

Camat Baamang Pantau Langsung Pembersihan Sungai Baamang

Sampit, infobanua.co.id – Bukan dikecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit saja dilanda banjir dengan…

1 jam ago

Pembangunan RMP Diharap Mampu Maksimalkan Serap Hasil Panen

Sampit, infobanua.co.id - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Irawati berharap pembangunan rice milling plant (RMP)…

2 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence

Mengupayakan perlindungan serta peningkatan kepercayaan dalam ekonomi digital Indonesia   Jakarta, 18 April 2024 —…

2 jam ago

Dinas Ketahanan Pangan PPU Catat Tahun Ini Satu Desa Dikategorikan Rawan Pangan

PENAJAM, infobanua.co.id - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mencatat 2023 sebanyak 20…

3 jam ago

Penting nya Disiplin Kerja dan Sinergi Antar Pegawai, Inlah yang Dikatakan Kakan BPN Depok

Depok, infobanua.co.id - Halal Bihalal bukan sebatas ruang silaturahmi di tengah suasana lebaran Idul Fitri,…

3 jam ago

Deretan Artis Ibukota Meriahkan Pesta Laut Kota Pagatan Simak Persiapannya

BATULICIN, infobanua.co.id – Deretan artis ibukota Jakarta bakal meramaikan Event pesta Mappanreritasie tahun 2024 di Pagatan…

4 jam ago