infobanua.co.id
Beranda Blitar Puluhan Kawasan Wisata di Kabupaten Blitar Seolah Mati Enggan Hidup Takmau

Puluhan Kawasan Wisata di Kabupaten Blitar Seolah Mati Enggan Hidup Takmau

Blitar, Infobanua.co.id – Pemetimtah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini Dinas Pariwisata, Budaya dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, menyatakan jika sejak pandemi covid-19 melanda Kabupaten Blitar, 11 obyek wisata di Kabupaten Blitar seolah mati enggan hidup tak mau. Dan sampai saat ini belum dibuka kembali karena tidak mampu membayar beaya operasional.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Blitar, Arinal Huda, mengatakan bahwa, 11 tempat wisata yang tutup sejak pandemi covid-19 diantaranya Bukit Bunda di Kecamatan Kademangan, Konyar Hill di Kecamatan Kesamben, Kampung Indian Karanganyar, Kecamatan Nglegok dan Kaloka di Kecamatsn Sutojayan.

Kemudian Puncak Kejora dan air terjun Sirah Kencong dan pendakian Gunung Kelud.

“11 lokasi wisata itu belum kembali bangkit sampai saat ini, sejak pandemi covid-19 mereka tutup karena tidak mampu untuk membeayai operasionalnya,” kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Blitar, Arinal Huda, Minggu 09-05-2021.

Menurut Huda, bahwa dari data yang ada, sebanyak 76 lokasi wisata di wilayah Kabupaten Blitar, 32 lokasi merupakan kawasan situs sejarah dan cagar budaya.

Sedang yang lainnya, merupakan kawasan wisata yang dikembangkan dari potensi alam yang ada di setiap Desa. Dan pengelolaaanya dibawah kewenangan perorangan, BUMN atau BUMD, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Dari 76 lokasi wisata itu, yang sudah mempunyai rekomendasi satgas sejumlah 67 lokasi. Tapi karena kondisi sepi, sampai saat ini mereka tidak bisa buka tiap hari. Kadang ada yang hanya tiap akhir pekan. Ada juga yang hanya ketika libur panjang,” jlentrehnya.

Lebih dalam Huda menerangkan bahwa, pihaknya tidak dapat memastikan destinasi wisata mana saja yang buka saat libur panjang lebaran ini.

Tapi untuk destinasi ikonik Blitar, dipastikan tetap buka menjelang dan pasca lebaran nanti.

“Yang pasti buka yaitu Kampung Coklat, kebun teh Sirah Kencong, kemudian Blitar Park, Pantai Serang, dan Negeri Dongeng, serta Candi-candi juga buka. Tapi pengunjungnya turun sampai 60 porsen sejak pandemi kemarin,” ungkapnya.

Selanjutnya Huda menghimbau, agar selama libur lebaran warga masyarakat sebaiknya berada di rumah saja.

Jika berniat untuk berpariwisata pastikan kondisi fisik benar-benar sehat, dan patuhi serta jalankan protokol kesehatan dengan benar dan ketat.

“Sebab tidak ada yang dapat menjamin kesehatan kita, kalau bukan kita sendiri yang menjaganya. Jangan tergantung dengan petugas apalagi menunggu diingatkan hanya sekedar untuk memakai masker,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan