Enam Desa Di Satui Tergenang Air. Ratusan KK Terdampak

BATULICIN, infobanua.co.id – Air mengalir di enam desa Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, merambah pemukiman penduduk di sepanjang aliran sungai, akhirnya menyapu rumah-rumah bertonggak kayu yang rapuh, merendam kampung dan memaksa ratusan warga mengungsi

Hingga di SMPN 4 Satui, akhirnya dijadikan posko pengungsian masyarakat, termasuk
Gedung majelis Desa Sungai Danau yang disiapkan pihak Desa Sungai Danau

Banjir melanda enam desa akibat meluapnya sungai Satui, dengan variasi kedalaman antara 30 cm hingga 1 meter, meliputi, Desa Sejahtera Mulia, Sinar Bulan, Sungai Danau, Satui Timur, Sekapuk dan Desa Jombang.

Bahkan jembatan Desa Sekapuk penghubung jalur jalan provinsi, hempasan arus deras sempat berjam-jam menghalangi aktivitas pengguna jalan dari Banjarmasin ke Batulicin, atau sebaliknya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, Eryanto Rais.SH menjelaskan. Akibat curah hujan yang terlalu tinggi pada kamis kemarin, pihaknya melakukan pengecekan ke wilayah terdampak banjir atas laporan pihak Kecamatan Satui.

Dia terangkan, untuk warga Desa Sungai Danau dengan jumlah terdampak 145 Kepala Keluarga di sejumlah RT yang ada saat ini masih berupaya mengaman kendaraan nya di ditempat yang lebih tinggi.

“Sementara hanya mengamankan kendaraan tempat/daerah yang lebih tinggi namun pengungsian sedang di persiapkan oleh pihak Desa Sungai Danau bertempat di Gedung majelis Desa Sungai Danau,”terangnya.

Sementara itu BPBD Tanbu saat ini mencatat. Desa .Sinar Bulan RT.07 jumlah 123 KK, diantaranya ada Balita : 7 Orang, Ibu Hamil : 2 Orang, Lansia : 3 Orang, Luas Sawah yang terendam 8 Ha

Desa Sungai Danau ,keterangan sementara yang terdampak
-Rt.1 : 20 KK,
-Rt.2 : 40 KK,
-Rt.3 : 25 KK
-Rt.12 : 20 KK,
-Rt.13 : 10 KK
– Rt.14 : 15 KK
– Rt.20 : 10 KK
– Rt.22 : 15 KK
– Rt.23 : 10 KK
Total : 145 KK

Desa Jombang terdiri dari RT.01 dan RT. 11
Total : 35 KK serta Jalan perkebunan yang terendam banjir.

Desa Satui Timur terdiri dari RT.3 : 59 KK
– RT.04 dengan 72 KK, Total : 131 KK, lahan pertanian 20 Ha

Sedangkan .Desa Sejahtera Mulia terdiri dari
RT.05 : 25 KK, RT. 07 dengan 13 KK.( )