Jembatan Jalan Provinsi lintas Lubuk Sikaping – Talu Pasaman Barat, Lonsor Dihantam Air Bah Sungai

Pasaman, Infobanua.co.id – Jebolnya dan lonsornya pingiran badan jalan tepatnya di pangkal jembatan berlokasi di Jorong Kampung Padang, Nagari Air manggis, Kecamatan lubuk Sikamping, Kabupaten Pasaman – Sumatera Barat. Sabtu, ( 15/05/2021 )

Jalan ini juga menuju akses objek wisata Puncak Tonang Lubuk Sikaping dan menuju dua kabupaten Pasaman ke Pasaman Barat dan sebaliknya.

Salah satu warga mengatakan, Sandra ( 41 ) tahun, jebolnya pingiran jembatan akses di Nagari Air manggis tersebut terlihat sudah lama, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan dan hanya ada terpasang garis peringatan dari pihak terkait.

“Kita beharap lonsornya di pingir jembatan ini agar bisa cepat di perbaiki. Karna, kalau terlalu lama diperbaiki bisa akan menimbulkan lebih parah lagi dan bisa putusnya akses jembatan ini untuk menyeberang nantiknya”, ungkap Sandra.

Asil investigasi dilapanggan, media Nasional Infobanua melihat kerusakan pondasi pingiran jembatan sangat parah sekali, dikarnakan derasnya air sungai menghantam pingiran pondasi jembatan atau dinding sungai tersebut. Apa lagi hujan lebat, air sungai akan meningkat lebih besar lagi dan derasnya kuncuran sungai tersebut.

Saat di komfirmasi Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Komisi IV Pembangunan. Suharjono dari Fraksi Demokrat membenarkan ada nya kerusakan tebing sungai dekat jembatan yang di gerus air tersebut.

“Saya berharap ke pada pemerintahan Provinsi Sumbar ( terkait ) untuk bisa segera memperbaiki kerusakan tanggul jembatan yang hampir roboh di gerus air sungai tersebut,” harapnya.

Lanjut, terjadinya lonsoran badan jalan itu di karnakan tinggi nya hujan beberapa bulan ini dan mengakibatkan pondasi jembatan dan tebing sungai roboh. Tutup Suharjono, Anggota DPRD Sumbar.

Sapai berita ini di naikan, Media Nasional Infobanua masih berusaha menghubunggi pihak terkait.

*Hkim