infobanua.co.id
Beranda BANJAR Desa Bincau Muara Jadi Percontohan Pilkades di Kabupaten Banjar

Desa Bincau Muara Jadi Percontohan Pilkades di Kabupaten Banjar

MARTAPURA – Desa Bincau Muara Kecamatan Martapura menjadi desa contoh pelaksana Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak untuk disiarkan langsung kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banjar, H Syahrialludin saat mengikuti rapat koordinasi (Rakor)  persiapan Pilkades serentak pada 24 Mei 2021 nanti.

“Semoga Pilkades Serentak Tahun 2021 ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” harapnya, Rabu (19/5/2021).

Rakor Pilkades berlangsung di Mahligai Sultan Adam Martapura, dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman selaku Ketua Pilkades serentak di tingkat Kabupaten Banjar.

HM Hilman mengatakan bagi pemilih yang terpapar Covid-19 diperkenankan memilih pemimpin di desanya. Itu karena hak mereka untuk menyalurkan suaranya pada saat pilkades serentak.

Ada dua alternatif model pemungutan suara bagi warganya yang menjalani isolasi mandiri. Teknisnya diserahkan kepada masing-masing petugas TPS.

Apakah jemput bola datang ke tempat masyarakat pemilih yang terpapar tersebut atau menyiapkan  bilik khusus pada pemilih yang terpapar Covid-19 sehingga tempat melaksanakan hak suaranya terpisah dari masyarakat yang lain dengan jarak yang cukup aman.

HM Hilman menegaskan terkait kesiapan menghadapi hari H Pilkades serentak sudah berjalan seperti yang sudah direncanakan sebelumnya.

Kemudian surat-surat suara saat ini sedang diproses untuk dilakukan pelipatan di kecamatan dan kemudian akan di distribusikan ke desa-desa.

“Banyak hal yang didiskusikan dengan melibatkan unsur keamanan baik Polri Kabupaten Banjar dan Banjarbaru, TNI Kodim 1006 Martapura serta Satpol PP sudah memperhitungkan pemetaan terhadap kondisi-kondisi keamanan dan ketertiban seiring dengan dinamika politik di desa,” jelasnya.

Rakor melibatkan Forkopimda Banjar, perwakilan Polres Banjarbaru, Ketua Komisi I DPRD Banjar Komaruzzaman, perwakilan Kejari Banjar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar H.Syahrialludin dan para camat se-Kabupaten Banjar. Rel/bp

 

Bagikan:

Iklan