Anggota Komisi VII DPR Pertanyakan Regulasi BRIN Sebagai Ujung Tombak Pelaksana Riset Dan Inovasi

  • Whatsapp

Jakarta, infobanua.co.id – Anggota Komisi VII DPR RI Arkanata Akram mempertanyakan regulasi yang akan jadi acuan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai Badan yang khusus menangani Riset dan Inovasi secara Nasional,karena masih ada riset dan penelitian di kementerian yang di atur regulasinya terkait penelitian dan riset yang di lakukan masing masing kementerian.

“Bagaimana dengan regulasinya nanti karena BRIN masih berada di bawah Kemendikbud Ristek,atau telah berdiri sendiri.Jika berdiri sendiri nanti bagaimana kalau akan di gabungkan dengan litbang kementerian yang lain untuk regulasinya akan mengikuti ke arahmana,”kata Arkanata Akram saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPRRI dengan Badan Riset dan Inivasi Nasional (BRIN),di Komplek Parlemen Jakarta,Rabu (9/6/2021).

Menurut Politisi Partai Nasdem tersebut apakah BRIN harus mengikuti regulasi masing masing kementerian yang membuat regulasinya sendiri untuk penelitian.

“Apakah masing kementerian akan membuat regulasi terkait penelitian,kemudian BRIN ini harus mengikuti regulasi dari setiap kementerian tersebut,”tegas Arkanata.

Menurutnya ,jika seandainya itu terjadi maka akan sangat banyak sekali regulasi yang di perhatikan dan di bahas BRIN.

BRIN memiliki tugas yaitu menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

BRIN di harapkan menjadi ujung tombak yang sangat penting untuk semua riset dan inovasi yang teraplikasi bagi seluruh masyarakat,imbuh Arkanata Akram.

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *