Tapin Sabet Juara III Lomba Inovasi TTG Se- Kalsel

RANTAU, infobanua.co.id – Kabupaten Tapin berhasil menyabet juara ketiga dan terus mengukir prestasi di tingkat provinsi Kalsel atas inovasi teknologi tepat guna yang dikembangkan pemuda Tapin di Binuang. Prestasi itu diraih dalam ajang lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Propinsi Kalsel di Banjarbaru, Kamis (10/6/2021).

Dalam lomba yang diselenggarakan selama dua hari terhitung sejak Rabu 9 dan Kamis 10 Juni 2021 di Banjarbaru diikuti oleh seluruh peserta perwakilan masing-masing daerah di Kalsel yang mengirimkan Pos Pelayanan Teknologi Se Kalsel.

Kabupaten Tapin melalui Dinas Pemerintah Masyarakat Desa mengirimkan perwakilan Pos Pelayanan Teknologi dari Desa Pulau Pinang Kecamatan Binuang dengan ide kreatifnya membuat Inovasi Biogas Lighttrap dan Choper.

Biogas Lighttrap adalah alat penangkap serangga yang diinovasi sedikianbrupa menggunakan bahan bakar biogas dan Gas LPG sebagai alat untuk menyalakan cahayanya sehingga dapat mempengaruhi serangga di sawah untuk tertarik mendatangi cahaya tersebut, lalu serangga itu terperangkap disitu.

Ide dasar pengembangan alat ini berawal dari kegelisahan para petani di Desa Pulau pinang terhadap banyaknya serangga yang merusak tanaman padi di areal persawahan mereka. Lalu muncullah ide dari para pemuda-pemuda desa yang di pelopori oleh saudara Maulana untuk menciptakan sebuah alat yang bisa mengurangi hama tersebut dengan biaya yang murah dan efisien. Dengan mencoba dan mencoba akhirnya terciptalah alat yang diberi nama Lighttrap yang bisa menangkap hama serangga di persawahan. Namun tidak sebatas sampai disitu saja, dikarenakan banyaknya peternak di Desa Pulau Pinang, dan banyaknya juga limbah pertanian yang terbuang membuat Maulana dan kawan-kawannya terpikir kembali untuk menciptakan sebuah alat yang bisa menjadikan limbah pertanian itu menjadi bermanfaat bagi ternak mereka. Lalu mereka berinovasi kembali membuat sebuah alat yang diberi nama Choper yang kegunaannya untuk mencacah limbah pertanian menjadi kecil kecil sehingga dapat dijadikan sebagai pakan ternak mereka. Kedua alat tersebut juga pernah diikutkan dalam lomba inovasi Teknologi Tepat Guna di Tingkat Kabupaten Tapin tahun 2020 lalu, dan berhasil menjadi wakil Kabupaten Tapin pada lomba Inovasi TTG tingkat Propinsi Kalsel tahun 2021.

Dinas Pemerintah Masyarakat Desa dalam melakukan pembinaan sekaligus pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) di Tapin menggandeng Bank Kalsel Cabang Rantau sebagai mitra kerja sehingga persoalan kendala sampai teknis anggaran selama ini terbantu maksimal berkat dukungan Bank Kalsel. Sehingga strategi pembinaan lebih optimal lagi.

Reporter Nasrullah