Dampak Struktur Organisasi di Kemendes yang Gembung,Program Jadi Tidak Fokus

Jakarta, infobanua.co.id – Menurut Anggota Komisi V DPR RI Irwan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi harus rasional dan fokus pada yang menjadi permasalahan utama desa,yakni Pertanian.

Saat Rapat Dengar Pendapat antara Komisi V DPR RI dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi,di Komplek Parlemen Jakarta,Kamis (10/6/2021),Irwan menilai ketidak fokusan di karena struktur Kementerian Desa yang gembung sementara alokasi dana yang di butuhkan terbatas.

“Permasalahan ini harus menjadi realitas perlu di sadari di Kemendes,sehingga dari isu strategis menjadi isu skala prioritas harus benar,sehingga pemerataannya itu di dapat,”Tegas Irwan.

Oleh karena itu Irwan meminta Kemendes agar membuat, menyusun program harus rasional mengakomodir permasalahan utama desa.

Menurut Politisi Partai Demokrat ini permasalahan utama mayoritas desa adalah pertanian,”mayoritas permasalahannya memang 82% di desa itu masalahnya adalah sektor pertanian dari pada sektor lainnya”.

Oleh karena itu Kemendes di minta fokus pada sektor pertanian yang memang jadi fokus utama permasalahan di desa.Sementara untuk pembangunan sektor lainnya di minta untuk kolaborasi saja.

“Lebih baik fokus pada peningkatan sektor pertanian untuk yang tadi itu kolaborasi saja dengan kementerian yang lain,”tegas Irwan

Legislator asal Provinsi Kalimantan Timur ini juga menilai ketidak fokusan ini terjadi karena di Kemendes banyaknya Subdit,sehingga membuat overleap.”Saya melihat banyak dari Dirjen itu mau engga mau sudah tidak masuk dari perencanaan,karena ada yang sifatnya satu kegiatan hanya mencakup beberapa kabupaten se tanah air,”pungkas Irwan.

indra