Ditresnarkoba Polda Sumut Sosialisasikan Aplikasi Sumut Bersinar Era Digitalisasi

  • Whatsapp

Medan, infobanua.co.id –¬†Diresnarkoba Polda Sumut, mensosialisasikan yang disebut ‘Aplikasi Sumut Bersinar Dalam Era Digitalisasi’, di Lokasi Wisata Mangrove Sicanang, Pelabuhan Belawan, Kamis (10/06/2021) kemarin.

Langkah yang dilakukan Ditresnarkoba Poldasu ini, dalam upaya menekan angka bagi Bandar, Kurir, maupun Pengguna Narkoba, yang diperedarannya bukan hanya terjadi di tingkat perkotaan saja, bahkan sudah menjamur ke tingkat pedesaan. Akibat menjamurnya permasalahan Narkotika ini sangat dikhawatirkan merusak masa depan Generasi Muda kedepan.

Aplikasi Sumut Bersinar Dalam Era Digitalisasi ini, merupakan buah pemikiran dari AKBP M. Fadris, sebagai Kasubdit III Ditresnarkoba Poldasu, yang ketika ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan V Kementrian PUPR, Tahun 2021, sebagai Proyek Leader.

AKBP M. Fadris saat pertemuan tersebut menyebutkan, sebagai Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sumut, yang memiliki tugas pokok melakukan penindakan terhadap Pelaku Penyalahgunaan Narkoba di Wilayah Hukum (wilkum) Polda Sumut, diharapkan melakukan tindakan proyek perubahan.

“Dengan menyajikan pemaparan ‘Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, Melalui Aplikasi Sumut Bersinar Dalam Era Digitalisasi’, untuk dukungan perubahan teknologi di era Police 4,0 saat ini,” jelasnya.

AKBP M. Fadris menambahkan, maraknya penyalahgunaan narkoba, telah menjadi salah satu permasalahan yang sangat meresahkan Masyarakat di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumut.

Diterangkannya Lebih lanjut, “Provinsi Sumut menduduki Ranking I di Indonesia dalam permasalahan penyalahgunaan Narkoba. Penilaian itu dari data Analisa dan Evaluasi (Anev), Ditresnarkoba Polda Sumut, sejak Januari sampai Mei 2021, tercatat 3.946 Orang yang terjaring sebagai tersangka pelaku penyalahgunaan Narkoba. Baik itu Bandar, Kurir, maupun Pengguna langsung,” terangnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, diciptakan terobosan baru, dengan harapan, tidak saja pada upaya penindakan, namun ditujukan pula pada upaya pencegahan secara Represif, memiliki Strategi Sosialosasi Berbasis Ilmu dan Tehknologi (IT), dalam bentuk Aplikasi Sumut Bersinar Dalam Era Digitalisasi, yang bermottokan, “Teruslah Berbuat Kebaikan Demi Menyelamatkan Generasi Bangsa”.

Lewat Aplikasi Sumut Bersinar tersebut, diharapkan dapat berdampak positif guna menekan aksi maraknya populasi peredaran Narkoba di Wilayah Hukum (Wilkum) Sumatera Utara.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut,Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan,AKP Gunawan, Camat, Dari Tokoh Masyarakat, H. Irfan Hamidy, Ketua Rehabilitasi Komunitas Masyarakat, H. Dika Novandry, Beberapa Awak Media.

Saat dikonfirmasi AKBP M. Fadris lebih terbuka menjelaskan, “Untuk membuka Aplikasi Sumut Bersinar ini, kita lebih dahulu men-download tautan ini. Setelah terbuka, akan terlihat beberapa konten.

Dan bila hendak membuat laporan, adanya diketahui Bandar, Kurir, maupun Pengguna Narkoba, harus memasang GPRS dan Identitas Pelapor, serta Nomor HP Pelopor, agar Petugas kita mudah melakukan komunikasi dengan Pelapor.

Semua Laporan atau Pengaduan Masyarakat, dijamin Keamanan dan Privasinya (kerahasiaannya), serta dilindungi Petugas Ditres Narkoba Polda Sumut,” pungkasnya, Jumat (11/06/2021).

(William/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *