Wakil Bupati Tapin Tanam Pohon Dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • Whatsapp

RANTAU, infobanua.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanaman pohon di bantaran sungai di Desa Masta, Kecamatan Bakarangan. Jum’at (11/6/2021).

Penanaman pohon jenis bungur sebanyak 200 pohon bertujuan untuk peningkatan indeks kualitas lahan sebagai penghijauan yang nantinya dapat memperindah sekaligus tempat berteduh di kawasan itu. Itulah alasan Dinas Lingkungan Hidup memilih jenis pohon Sakura yang nantinya bisa tumbuh bunga yang indah.
Penanaman dilakukan oleh Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Muspida Tapin, Penjabat Lingkungan Pemkab Tapin, dan perusahaan serta merta organisasi kemasyarakatan bidang lingkungan.

Wakil Bupati Tapin, H.Syafrudin Noor mengatakan masalah lingkungan hidup merupakan masalah bersama, berbagai kasus kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup telah terjadi dan ini membuktikan telah terjadinya degradasi lingkungan.

“Dan ini menunjukkan perlu adanya komitmen dan kesadaran bersamauntuk menerapkan dan menjalankan prinsip pengelolaan lingkungan, “kata Wabup.

Pendidikan lingkungan, lanjut dikatakannya, merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan peran masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan.

“Dengan cara mengubah perilaku dan sikap berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran tentang nilai dan isu permasalahan lingkungan, yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan, untuk generasi sekarang maupun akan datang,” katanya.

Wakil Bupati Tapin berharap tidak hanya sekedar melakukan penanaman pohon di bantaran sungai ini saja, melainkan juga imbauan menjaga
kebersihan lingkungan sungai agar bebas dari sampah, sehingga kelestarian sungai tetap terjaga dengan baik.

“Mari jaga lingkungan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai, jaga sungai agar tidak tercemar sehingga sungai dapat digunakan warga masyarakat untuk kebutuhannya,”katanya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *