infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Rumah Karunia HSU Bertekad Optimalkan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus

Rumah Karunia HSU Bertekad Optimalkan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus

Amuntai, infobanua.co.id – Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus sangat dibutuhkan dalam langkah-langkah yang sistematik dan teliti untuk mendapatkan pelayanan yang dimanfaatkan guna berkembangan anak berkebutuhan khusus, salah satu yang menyediakan layanan tersebut adalah Rumah Karunia yang berlokasikan di Jalan Komplek Citra Permata Sari Sungai Malang.

Kepala Rumah Karunia, Ana Rahmiati menyampaikan, Rumah Karunia berkomitmen untuk mengoptimalkan perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus diwilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui kegiatan terapi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak. Senin (15/6/2021)

“Adapun Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak-anak yang memiliki kebutuhan atau keterbatasan baik secara fisik, mental, emosional dan bersosial. Yang mana itu berpengaruh signifikan pada pertumbuhan dan perkembangan anak di usianya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, anak berkebutuhan khusus juga terbagi beberapa jenis, yaitu tuna wicara, tuna daksa, tuna grahita, autisme, gangguan pemusatan perhatian, hiperaktif, keterlambatan berbicara serta anak-anak yang memiliki hambatan dalam belajar.

“Dirumah karunia ada 70 anak yang terdata yang menerima terapi, adapun pelaksanaan terapi berdurasi 1 jam setiap pertemuan yang didampingi oleh psikolog, kebanyakan atau melebihi 50% adalah kasus keterlambatan bicara, jika ditemui anak yang memiliki gangguan keterlambatan bicara maka perlunya tenaga profesional seperti dokter tumbuh kembang ataupun psikolog sehingga bisa didiagnosa dengan tepat,” ujar Ana.

Selanjutnya ia menuturkan langkah-langkah yang perlu diambil jika ditemui anak berkebutuhan khusus dengan melakukan kegiatan-kegiatan terapi, demi kemajuan dan keberhasilan anak sangat dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan terapi. Selain perlunya terapi, ana menekankan perlunya peran orang tua serta lingkungan.

“Tentunya disini saya berharap semoga semua pihak dapat mendukung anak berkebutuhan khusus, dan kepada masyarakat luas dapat menerima dengan layak sebagaimana layaknya manusia, tentunya kepada orang tua saya berharap jika memang anak dirasa memilik kebutuhan khusus agar dilakukan penanganan sedini mungkin, semakin cepat penanganan semakin cepat kemajuannya,” ujarnya

Fai/IB

Bagikan:

Iklan