infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Safrizal Tekankan Pengelolaan Tambang Berbasis Lingkungan

Safrizal Tekankan Pengelolaan Tambang Berbasis Lingkungan

Banjarbaru, infobanua.co.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Safrizal ZA menekankan pentingnya pengelolaan tambang yang berbasis lingkungan sebagai upaya tata kelola strategis pertambangan minerba.

Hal itu disampaikan saat berdiskusi dengan rombongan PPRA LXII Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) di Ruang H. Maksid, Setdaprov Banjarbaru, Senin 21 Juni 2021.

PPRA LXII Lemhannas menyambangi Pemprov Kalsel dalam rangka Studi Lapangan Isu Strategis Nasional, dengan fokus pada ranah pertambangan minerba. Sebanyak 21 anggota rombongan disambut oleh Kepala Dinas ESDM Kalsel, Isharwanto, Plt Kepala Dinas Kehutanan, Fathimatuzzahra, serta jajaran SKPD lainnya.

Ketua tim rombongan Lemhannas, Irjen Pol Drs. Sumadi mengatakan, studi lapangan ini menyasar PT Adaro sebagai objek kajian.

“Kami dari Lemhannas melakukan kajian sejauh mana PT Adaro betul-betul melakukan teknik pertambangan yang baik dan berwawasan lingkungan,” ujarnya.

Disebutkan, gambaran komprehensif yang ingin diketahui yakni sejauh mana kontribusi PT Adaro bagi peningkatan ekonomi, penyerapan tenaga kerja, serta aspek pemberdayaan di Kalsel.

Sementara itu, Safrizal ZA menjelaskan, PT Adaro sudah meraih penghargaan kategori Golden dalam penilaian Proper dari Pemprov Kalsel.

“Adaro ini dapat Golden karena merupakan perusahaan tambang yang menurut penilaian Pemprov Kalsel sangat peduli dengan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat,” sebut Safrizal.

Terkait pertumbuhan ekonomi yang menyasar target 7 persen, Safrizal menerangkan, Provinsi Kalsel membutuhkan investasi yang besar.
Hingga saat ini, sektor pertambangan masih berperan penting bagi pendapatan negara. Kendati begitu, ia sangat menekankan model pertambangan berbasis lingkungan serta Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang selektif dan transparan.

“Pertambangan yang terkontrol dan terbina dengan baik, kewajiban mereka untuk restorasi tambang juga membuat lebih terkendali,” ucapnya mengingatkan.

Selain rehabilitasi bekas tambang, Safrizal juga menyebutkan upaya Pemprov Kalsel untuk memulihkan lingkungan.

“Kalsel sudah beberapa tahun melakukan revolusi hijau, dengan target per tahun 32.000 hektare. Saat ini sudah tercapai 11.000 hektare,” jelasnya. (*)

Bagikan:

Iklan