Waspada Banyak Varian Virus Baru Covid-19, Pj. Gubernur Kalsel Himbau Agar Tetap Amalkan Prokes Dimana Pun Berada

 

Banjarmasin, info banua.– Masyarakat diminta lebih waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Pasalnya di Indonesia, sudah kemasukan 3 varian virus corona dengan kategori variant of concern versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Varian tersebut, B117 dari Inggris, B1351 dari Afsel, dan B1617 dari India. Kasus-kasus tersebut terkonsentrasi cukup besar di Pulau Kalimantan dan Sumatera.

“Penyebarannya relatif cukup banyak di Sumatera dan Kalimantan. Masuknya virus baru ini banyak datangnya dari Saudi Arabia, India dan Malaysia,” jelas Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam siaran pers di Sekretariat Presiden, melalui meeting zoom, Jumat (25/6).

Untuk varian Inggris, lanjut Budi, munculnya kasus pertama diawali sejak Januari dan beredar di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Bali. Mutasi dari Afsel hanya ditemukan ada satu di Bali.

Disisi lain Pj. Gubernur Kalsel Safrizal Z.A, juga menghibau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Selatan. Agar terus menerapkan protokol kesehata dimana pun berada jangan lengah varian virus vari covid-19 ada dimana-mana, katanya.

“Akhir-akhir ini yang masuk cukup banyak adalah varian dari India. Varian ini banyak kita temui di Sumatera Selatan,” pungkasnya.

feb