Wartono Buka Acara Pelatihan Penguatan Mutu Pendidik Al Qur’an dengan Metode ‘Iqro’

  • Whatsapp

Banjarbaru, infobanua.co.id –  Keberadaan para guru Al Qur’an menjadi salah satu faktor pendukung utama yang mampu meningkatkan kualitas para kalifah dan diharapkan para guru Al Qur’an inilah yang akan menelurkan qori/qori’ah yang berkualitas.  Rasulullah  SAW  bersabda,  “sebaik-baik kalian  semua  adalah  seseorang  yang  belajar dan mengajar Al Qur’an”. Orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya bagi orang lain akan mendapatkan kemuliaan dan kebaikan hidup di dunia maupun akhirat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE didampingi Ketua DPD BKPRMI Kota Banjarbaru Muhammad Ikhsan S Ag saat menghadiri sekaligus Membuka Acara Pelatihan Penguatan Mutu Pendidik Al Qur’an dengan Metode ‘Iqro’. Bertempat di Masjid Al Ishlah RO Ulin Loktabat Selatan Banjarbaru. Tampak perwakilan Kemenag Kota Banjarbaru, jajaran pengurus BKPRMI Kota Banjarbaru dan para guru pengajar/pendidik Al Quran se Kota Banjarbaru, Sabtu (26 Juni 2021).

Wartono mengatakan bahwa kegiatan pada hari ini merupakan  kebahagiaan tersendiri , karena berkesempatan dapat bertemu dengan para  pahlawan  peletak dasar pengetahuan dan pendidikan agama Islam sejak usia dini. Selain  mendapat  berkah ilmu dan meneguhkan  iman  dan  taqwa  kepada Allah SWT, semoga acara ini dapat semakin  menguatkan ukhuwah islamiyah bagi kita semua.

“Pendidik Al Qur’an merupakan sebuah profesi yang luhur dan paling berjasa dalam melestarikan ayat-ayat Allah SWT. Melalui kegiatan mengajar ngaji seseorang  telah  memelihara Al Qur’an dan melalui guru ngajilah, umat islam sejak dini akan terdidik bagaimana cara membaca Al Qur’an yang baik dan benar,” tutur Wartono.

Wartono menjelaskan, melalui kegiatan ini tentunya kita harapkan dapat menciptakan guru  Al Qur’an yang berkualitas, mendapatkan bekal ilmu dalam mengajarkan Al Qur’an dengan metode “Iqro”, membekali guru dengan ilmu metode mengajar Al Qur’an secara profesional dan menyenangkan, sehingga dapat membangun generasi Qur’ani Kota Banjarbaru yang berkarakter dan unggul.

“Terimakasih serta mengapresiasi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Banjarbaru atas terlaksananya kegiatan pada hari ini. Semoga kedepannya kegiatan seperti ini dapat sering dilaksanakan sehingga dapat membekali banyak guru-guru Al Qur’an dan juga meningkatkan kualitas para guru Al Qur’an di Kota Banjarbaru,” harapnya.

Sementara Ketua DPD BKPRMI Kota Banjarbaru Muhammad Ikhsan S Ag menjelaskan, pelaksanaan kegiatan sudah mendapatkan izin dari satgas Covid-19 Kota Banjarbaru, dimana peserta pelatihan penguatan mutu pendidik Al Quran dengan metode ‘Iqro’ sebanyak kurang lebih 300 orang terbagi menjadi tiga. Satu kali pelatihan sebanyak 100 orang, bertempat di Masjid Al Ishlah RO Ulin Loktabat Selatan Banjarbaru.

Ikhsan megucapkan terima kasih kepada Wakil Wali Kota Banjarbaru yang bisa berhadir sekaligus membuka Acara Pelatihan Penguatan Mutu Pendidik Al Quran dengan Metode ‘Iqro’ pada hari ini.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para guru-guru atau tenaga pedidikan Al Qur’an dapat meningkatkan kualitasnya dalam mengajarkan Al Qur’an dengan metode iqro ini. Kita juga membantu pemerintah dalam membentuk dan menyiapkan anak didik menjadi generasi Qur’ani,” ungkap Ikhsan.

Yus/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *