Keberadaan Personel Keamanan Dinilai Penting di Liagu

  • Whatsapp
Pemantauan, pengawasan dan pengamanan di perairan Desa Liagu Bulungan. Dilaksanakan tim gabungan yakni, Kesbangpol Bulungan, Polres Bulungan, Sub Den POM VI/1-6, Pos TNI AL Tanjung Selor, Danranmil Sekatak, Camat Sekatak dan Dinas Perikanan Bulungan. (Foto: spesial)

BULUNGAN, Infobanua.co.id – Penempatan personel keamanan dinilai penting di Desa Liagu, Kecamatan Sekatak khususnya di wilayah perairan, karena terdapat gangguan aktifitas nelayan tradisional akibat adanya nelayan besar yang menggunakan alat tangkap trawl.

Trawl adalah alat tangkap ikan yang bersifat aktif di mana alat tangkap ditarik oleh kapal yang bergerak mengejar gerombolan ikan untuk masuk ke dalam jaring.

Kecepatan kapal dalam menarik alat tangkap pada umumnya lebih besar dari kecepatan renang rata-rata ikan yang tertangkap.

Dengan adanya Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 1980 tentang Penghapusan Jaring Trawl, alat tangkap menggunakan trawl tentu dilarang.

Menyikapi hal tersebut, perwakilan dari Pol Air Polres Bulungan pun menyampaikan bahwa penempatan personel keamanan menjadi perhatian serius untuk menjaga kondusifitas wilayah, khususnya di Desa tersebut.

Dalam pelaksanaan pemantauan, pengawasan dan pengamanan dalam wilayah Kabupaten Bulungan, Kamis kemarin (23/6) yang dilaksanakan tim gabungan terdiri pihak Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bulungan, Polres Bulungan, Sub Den POM VI/1-6, Pos TNI AL Tanjung Selor, Danranmil Sekatak, Camat Sekatak dan Dinas Perikanan Bulungan.

Kepala Kesbangpol Bulungan, Abdul Wahid dalam pertemuan turut mengimbau, agar seluruh warga Desa Liagu dapat menjaga kondusifitas wilayahnya karena hal tersebut menjadi tanggungjawab bersama. (red/skf/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *