Categories: Blitar

Program RTH di Kab.Blitar Baru Mencapai 30%

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Blitar, menyatakan jika sektor perumahan memiliki peranan besar dalam mendukung mitigasi dampak ekonomi dari pandemi covid-19.

Untuk itu Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Blitar, gencar melaksanakan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kepala Disperkim Kabupaten Blitar, Agus Santosa, mengatakan, Pembangunan RTLH di Kabupaten Blitar terus dilakukan. Tahun 2021 ini, ratusan RTLH dipastikan akan dibangun.

“Kami terus bekerja keras untuk menyelesaikan target pembangunan RTLH pada tahun 2021 ini,” kata Kepala Disperkim Kabupaten Blitar, Agus Santosa, Minggu 27-06-2021.

Menurut Agus, berdasarkan data, sampai dengan akhir semester pertama tahun 2021, progres pembangunan RTLH mencapai 30 porsen.

“Target RTLH tahun 2021 ini sebanyak 739 unit rumah. Dari jumlah tersebut 259 unit rumah bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), 191 unit rumah dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan 289 unit rumah dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Dari jumlah keseluruhan ini sudah terealisasi 30 porsen,” jlentrehnya.

Selanjutnya Agus sangat optimis, dengan program pembangunan RTLH di Kabupaten Blitar pada tahun 2021 ini akan tepat waktu.

Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan. Salah satu kendala yang paling sering dihadapi yakni kearifan lokal.

“Sekarang ada pembangunan yang masih berupa pondasi, ada juga yang sudah selesai. Kendala yang dialami pada progres pembangunan, salah satunya berkaitan dengan kearifan lokal. Di mana ada budaya masyarakat yang hanya bisa bergotong royong di waktu-waktu tertentu saja,” ungkapnya.

Selanjutnya Agus menerangkan bahwa, setiap warga yang menerima bantuan RTLH di Kabupaten Blitar menerima uang sebesar Rp 20 juta.

Dengan rincian Rp 17,5 juta untuk pembelian material, dan Rp 2,5 juta digunakan upah tukang yang mengerjakan.

“Setiap warga yang menerima RTLH mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 20 juta,” pungkasnya. (Eko.B).  

admin

Recent Posts

PPPK Formasi 2023 Sudah Terima SK Bupati Tanbu

BATULICIN, infobanua.co.id - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr. HM Zairullah Azhar, resmi melantik dan menyerahkan…

2 jam ago

Belasan Kecamatan Ramaikan Lomba Masak Panginan Sukup Simpan

Sampit, infobanua.co.id - Belasan peserta yang berasal dari PKK Kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur meramaikan…

3 jam ago

Penanganan Narkoba Jadi Masalah Serius Pemkab Kotim

Kotawaringin, infobanua.co.id - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengatakan jika masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap…

3 jam ago

Wakil Ketua I DPRD PPU Raup Muin Pimpin Rapat Paripuna LKPj TA 2023

PENAJAM, infobanua.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar rapat…

3 jam ago

Tanggapi Tagline Daerah Soal Serambi Nusantara, Raup Muin Menilai Gagasan Belum Jelas

PENAJAM , infobanua.co.id - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser…

3 jam ago

Edarkan Ekstasi, Salah Satu Warga Desa Bandar Dolok Berhasil Diamankan

Sumut, infobanua.co.id - Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) berhasil mengungkap peredaran narkoba…

11 jam ago