Jalan Tol Kuala Tanjung – Pematang Siantar Sepanjang 96,5 KM Tuntas Akhir Tahun 2021

  • Whatsapp

Pematang Siantar, Infobanua.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 56/2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Ada kabar baik untuk masyarakat Provinsi Sumatera Utara. Ruas Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat khususnya di seksi Kuala Tanjung-Pematangsiantar sepanjang 96,5 Km, akan tuntas pada akhir Tahun 2021.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan, yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, sebagaimana dikutip dari website Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Senin (28/06/2021).

Jika sudah tuntas pembangunannya nanti, maka Kota Medan sudah bisa terhubung langsung jalan tol ke Pematangsiantar, begitu juga dari Binjai maupun dari Belawan, serta dari Bandara Kualanamu.

Selama ini jika ke Kota Pematangsiantar, masih hanya ke Tebing Tinggi saja yang baru terhubung jalan tol.

Dengan begitu nantinya, akses menuju Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas dan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), semakin dekat.

Dan begitu juga dari Medan, Binjai dan Belawan, serta Bandara Kualanamu, sudah bisa terkoneksi langsung nantinya ke Kuala Tanjung.

Adapun Ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Kuala Tanjung-Pematangsiantar tersebut merupakan bagian dari target 373 Km di 14 Ruas Tol Baru yang akan tuntas di sepanjang Tahun 2021.

Selengkapnya 14 Ruas Tol Baru itu, yaitu Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Kuala Tanjung-Pematangsiantar (96,5 Km), Sigli-Banda Aceh seksi 2,5, dan 6 (18,8 Km), Padang-Pekanbaru ruas Pekanbaru-Bangkinang (40 Km), Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu ruas Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km). Keempat ruas tol itu adalah bagian dari Tol Trans Sumatera.

(AG-William/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *