Disdukcapil Tapin dan Pengadilan Agama MoU Inovasi Pedekate Sitalak

  • Whatsapp

TAPIN, Infobanua.co.id – Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Tapin melaksanakan Memorandum Of Understanding MoU (Nota Kesepahaman) dengan Pengadilan Agama Rantau Kabupaten Tapin, Selasa (29/6), bertempat di Gedung Pengadilan Agama Tapin.

Penandatanganan MoU Nota Kesepahaman tentang Pelayanan Perubahan Data Kependudukan Terintegrasi (Pedekate) dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama, Rabiatul Adawiyah, S.Ag dan Hj.Rina Indriani,St Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tapin.

Setelah mendapatkan vonis cerai dan terbitnya akte cerai dari Pengadilan Agama Rantau Tapin, seseorang sudah bisa langsung mendapatkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) dengan statusnya yang ikut berubah.

Rabiatul Adawiyah, S.Ag Ketua Pengadilan Agama Rantau mengatakan hari ini dilaksanakan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara Pengadilan Agama dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil tentang Pelayanan Perubahan Data Kependudukan Terintegrasi (PEDEKATE).

“Maksudnya disini, setelah resmi mendapatkan akte cerai dari Pengadilan Agama seseorang sudah bisa merubah statusnya di KTP atau KK dari sebelumnya berstatus kawin di KTP atau KK berubah menjadi cerai. Sehingga mereka tidak perlu lagi mengurusnya pulang-pergi ke Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil,”katanya kepada sejumlah awak media.

“Sitalak” adalah inovasi program Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tapin dan Pengadilan Agama. Sitalak adalah sistem informasi terbit akte cerai langsung dan akurat.

“Tujuan inovasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan dari kami,”katanya.

Senada diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tapin, Hj.Rina Indriani,St, bahwa tujuan inovasi MoU ini dibuat untuk memudahkan masyarakat.

“Dengan inovasi ini kepengurusan dokumen kependudukan seseorang paling 1 jam untuk merubah statusnya,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *