Pentingnya Menangkal Ancaman Narkoba Diwilayah Perbatasan .

  • Whatsapp
Kompol Sunarto SH.kepala BNN kabupaten Nunukan diwawancarai Rekan Rekan Jurnalis usai HANI 2021 secara Virtual berlangsung di lantai IV Kantor Bupati Nunukan

Nunukan, infobanua.co.id – “Nunukan Kaltara Hari Peringatan Anti Narkoba Internasional (Hani 2021) atau War on Drugs perang melawan narkotika dimasa Pandami covid -19 Menuju Indonesia bersih narkoba berlangsung dilantai IV Kantor Bupati Nunukan dihadiri Wakil Bupati nunukan Sekertaris Daerah jajaran polres Nunukan kajari Nunukan dan kepala lapas Nunukan serta seluruh stakeholder yang ada “.

Wawancara Khusus Yuspal dengan Kompol Sunarto Kepala BNNK Nunukan.

Yuspal Apa Maknah Hari Anti Narkotika Internadional setiap tahun diselenggarakan diperingati setiap tahun?.
Kompol Sunarto kepala BNN kab nunukan bahwa peringatan hari Anti narkotika internasional tidak saja dilaksanakan di Indonesia tetapi seluru dunia ikut melaksanakannya juga sebagai momentum apalagi dikabupaten nunukan khususnya secara geografis sangat rawan Penyelundupan dan peredaran narkotika minimal BNN kabupaten nunukan dapat mengurangi makanya kita tak putus putus melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun melakukan tes Urin.

Yuspal nunukan sebagai beranda perbatasan Apa trategis yang dilakukan oleh Badan Narkoba Nadional Kabupaten ?
Sunarto bnnk : memang benar nunukan sebagai daerah yang rawan Penyeludupan dan peredaran narkotika salah satu trategus kita yakni diperlukan Kordinasi dengan Stake holder yang ada, karena kami Sadari bahwa Bnnk nunukan pertama dengan keterbatasan Personil juga keterbatasan sumberdaya manusia yang ada, apalagi pemberantasan narkotika tidak dengan cara sendiri sendiri melakukan Pengawasan kita melakukan kerjasama seperti satgas pantas, Polres,Kodim termasukjuga pemerintah daerah.

Yuspal sudah beberapa Tahun keberadaan BNNK dinunukan selama ini hanya sebatas Sosialisasi tentang bahaya Narkotika Kapan bisa dilakukan pemberantasan?
Kompol Sunarto: kalau masalah pemberantasan sedang berjalan dan perlu diketahui bahwa pemberantasan itu perlu pendalaman perlu Informasi yang akurat tidak seperti ujung Ujung langsung menangkap tentu dibutuhkan Sinergitas yang akurat.

Yuspal Kerjasama yang sudah dibangun dengan Stakeholder selama ini?
Kompol sunarto: memang sangat dibutuhkan sinergitas apalagi dikalimantan Utara khususnya memiliki kurang lebih 500 km perbatasan darat dan kurang lebih 300 km perbatasan laut tidak seimbang dengan jumlah personil yang ada baik dari Tni & kepolisian,Bnnk dan pemerintah daerah juga masih sangat terbatas.

saat ditanya kenapa ada ketidak cowoknya dengan polres nunukan sehingga Penyidiknya ditarik kembali ke polres?
Kompol Sunarto: itu tidak benar itu informasi yang sangat keliru, memang dulu ada diperbantukan semenatara sebenarnya tidak dikembalikan tau masa penugasannya sudah habis dan polres juga sangat membutuhkan personil, dan sementara penyidik di BNN Nunukan belum ada, selain itu bnn selaku koordinasi dengan polres cukup baik apalagi ad UU yang mengatakan Narkoba tidak secara Parsial harus seluruh stake holder bergerak.

Yuspal Polres Nunukan segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemberantasan apa upaya yang dilakukan oleh BNNK?

Kompol sunarto: bahwa sesuai dengan program BNN pusat harus disekaraskan dikabupaten/kota salah satunya membentuk “Desa bersinar”, pimpinan BNN terdahulu sudah dua desa dibentuk desa bersinar yakni Desa maspul Sebatik dan Desa binusa Nunukan kita berharap melalui desa sebagai Tolak ukur dan pintu Awal dan program ini kita akan kembangkan.

Yuspal kenapa hingga sampai Sekarang BNN belum memiliki Penyidik?
Kompol Sunarto: karena BNN adalah intansi Vertikal kita sudah mencoba memintah ke sumberdaya yng ada kepad Pusat tapi belum ada hingga saat ini kit masih menunggu.

yuspal dalam Hut HANI 2021 ada pemberian Penghargaan apa yang mendasari dan apa kriteria seseorang bisa diberikan penghargaan?.
Kompol sunarto bahwa mereka diberikan penghargaan karena sudah s3cara langsing membantu BNN dan.mereka tidak.memintah anggaran kepada BNN tapi mereka memiliki tekad secara mandiri melakukan Deteksi dini termasuk juga melakukan Tes Urin dan mereka tak henti hentinya menghampanyekan tentang bahaya Narkotika, selain juga mereka memiliki anggaran kerjasama dengN BNN melakukan tes Urin.

Yuspal Harapan Kepala BNN dengan hari Anti Narkoba internsional, (Hani 2021).
Kompol Sunarto: bahwa mari kita semua komponen Masyarakat bersama sama berperan aktif dalam pemberantasan narkotika termasuk juga Wartawan punya peran penting dalam melakukan sosialisasi melalui publikasi/Pemberitaan dan melalui Media sosial lainya.

Yuspal bahwa informasi BNN nunukan keterbatasan Anggaran dalam bagaimana hubungan kerjasama dengan pemkab nunukan apa ada Bantuan?.
Kompol Sunarto bahwa hingga saat ini pemkab nunukan belum pernah membantu memberikan bantuan anggaran, dan setiap Tahun kita ajukan permohonan kepada Pemkab Nunukan, pada hal dari Segi anggaran ada permendagri yang mengatur dan pemerintah daerah kabupaten Nunukan berkewajiban membantu, mudah mudahan kedepan.pemkqb Nunukan bisa membantu dana Operasional.
demikian wawancara sekilas dengan kepala BNN Nunukan (Yuspal).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *