Categories: Barito Kuala

Bupati Batola Panen Semangka di Antar Raya

Marabahan, infobanua.co.id – Satu komoditi pertanian lagi berhasil dibudidayakan di Kabupaten Barito Kuala (Batola). Kali ini berjenis hortikultura. Para petani yang tergabung di Kelompok Tani Sumber Jadi berhasil memanen semangka di lahan seluas 5 hektar yang terdapat di Desa Antar Raya Kecamatan Marabahan. Dari luasan lahan ini mereka berhasil memanen sekitar 15 ton. Panen perdananya dilaksanakan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Senin (05/07/2021).

Panen juga diikuti Ketua DPRD Saleh, Dandim 1005 Batola Letkol Arm Arie Priyudono, Kapolres Batola AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif SIK, Kajari Batola Eben Neser Silalahi, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel H Syamsir Rahman, Kadistan TPH Batola Murniati, Kepala BPR Alalak Bahrani, Camat Marabahan Eko Purnama Sakti, dan jajaran forkopimcam. Sebelumnya untuk mencapai lokasi panen, rombongan harus menumpang kelotok (perahu bermesin) selama 30 menit menerobos kawasan perkebunan karet warga.

Saat tiba, rombongan disuguhi buah semangka segar. Bupati Noormiliyani yang mencicipi hasil petikan tampak terkesan dengan manisnya buah yang disajikan.“Manis semangkanya. Ini tidak kalah bersaing dengan semangka dearah lain. Apalagi buahnya besar-besar,” ucapnya memuji.

Kepala Distan TPH Batola Murniati mengutarakan, hasil panen semangka di Batola terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2018, katanya, Batola menghasilkan 131 ton, tahun 2019 sebanyak 295,3 ton, dan 2020 sebanyak 485 ton. Sedangkan tahun 2021, sebutnya, ada kemungkinan mengalami kenaikan.“Batola memiliki dua kecamatan yang menjadi sentra yakni Anjir Pasar dan Marabahan dengan lahan penghasil semangka terluas,” paparnya.

Lebih jauh Kadistan TPH Batola ini memaparkan, buah semangka memiliki nilai ekonomis tinggi dengan harga antara Rp3 ribu – Rp5 ribu per kilogram. Dari besaran harga tersebut, urai Murniati, petani mampu menjual Rp45 juta – Rp75 juta dengan keuntungan bersih antara Rp20 juta – Rp50 juta per musim dengan jarak waktu sekitar 2 bulan

.Bupati Hj Noormiliyani AS mengatakan, apa yang dilakukan Kelompok Tani Sumber Jadi ini bisa menjadi contoh petani lainnya dalam memanfaatkan lahan yang tak terpakai untuk sumber penghasilan yang menguntungkan. Ia minta para petani bisa memanfaat lahan kosong untuk bercocok tanam serta jagung, cabai, semangka dan lainnya yang memiliki waktu singkat. Dengan harapan, sebut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, di masa mendatang Batola tak hanya dikenal sebagai penghasil pangan, namun juga komuditas hortikultura.

Sementera kepada dinas terkait bupati berpesan untuk terus melakukan pendampingan kepada para petani. Di sela panen raya semangka, Noormiliyani, juga memberikan bantuan 3 buah handsprayer, bibit jagung manis, serta bibit bunga refugia. Selain itu juga dilaksanakan penandatanganan kontrak kredit pembelian tanah antara BPR Barito Kuala dengan Kelompok Tani Sumber Jadi. “Saya ucapkan terimakasih kepada BPR Batola atas kepeduliannya memberikan kredit kepemilikan tanah ini,” ucapnya Noormiliyani.

Bupati perempuan pertama di Kalsel ini juga mengapresiasi kerjasama melalui sistem pembayaran angsuran sehingga para petani bisa menggarap lahan sendiri. “Saya yakin dengan memiliki lahan sendiri para petani akan lebih bersemangat menggarap dan meningkatkan hasil pertaniannya,” pungkasnya.

Nang/IB

admin

Recent Posts

Usulan Bupati Untuk Bantuan Perumahan Bagi Korban Bencana Disetujui Pemerintah Pusat

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Sebagai upaya lanjutan penanganan pasca bencana yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan,…

4 menit ago

Terima Bantuan Dari Wako Solok, Bupati Pessel Ucapkan Terimakasih Atas Kepedulian Ini

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar terima…

46 menit ago

Beragama Maslahat: Pengaruh Spiritual dan Kemajuan Sosial Ekonomi

Negara yang paling mampu membuat warganya bahagia, populasi di negara itu cenderung menganggap agama tak…

1 jam ago

Ketua KBjR Kota Dumai Bukber dan Santuni Anak yatim Bersama Keluarga besar Jambak

DUMAI, infobanua.co.id - Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H/2024 M, DPD Keluarga Besar Rang Jambak…

1 jam ago

Kecamatan Bojong Gelar Ramadhan Berkah, Rekahkan Spirit Solid, dan Keakraban Ukhuwah Islamiyah

Purwakarta, infobanua.co.id - Acara yang di Inisiasi oleh kebersamaan yang dilaksanakan oleh semua unsur stakeholder…

2 jam ago

Dinas PUPR Karawang Harap Blacklist CV yang di Duga Pekerjaanya Mangkrak

KARAWANG, infobanua.co.id - Tak puas dengan hasil pembangunan jembatan jalan Kong Raman yang berlokasi RT…

2 jam ago